Arti Kirkon Watshapp

 

                                       

YulianaID - Dalam beberapa waktu belakangan ini, istilah kirkon dan beberapa istilah lain sering berseliweran di berbagai platform media sosial. Salah satu platform media sosial yang sering muncul istilah ini adalah WhatsApp. Apa sebenarnya arti kirkon di WA? Pembahasannya sebagai berikut

Apa Arti Kirkon di WhatsApp

Walaupun saat ini sudah muncul bahasa baku atau resmi yang telah ditetapkan dan terus menerus dibudayakan, namun tetap saja akan muncul istilah atau bahasa baru di kalangan generasi muda seperti halnya dengan perkembangan teknologi yang semakin banyak diminati. Bahasa senantiasa mengalami perkembangan dari generasi ke generasi.Hal ini sangat wajar terjadi, karena perkembangan kondisi lingkungan, penemuan-penemuan hal baru, akan mendorong orang untuk memberikan sebutan atau istilah baru. Apalagi dorongan kreatifitas para generasi baru, menjadi obor dorongan perubahan di berbagai sektor, termasuk bahasa. Pada aplikasi WhastApp sering muncul bebera pa istilah gaul atau baru, salah satunya kirkon. Dan tidak hanya di WhastApp kata ini muncul, ada juga di Telegram, Facebook, hingga Instagram.

WhatsApp terdapat fitur sebagaimana media pesan selainnya, yakni kirim kontak. Permintaan semacam ini jika ditulis dalam kalimat lengkap bagi sebagian orang dianggap tidak efisien. Oleh karenanya dilakukan penyingkatan ketika ingin mengirim pesan kirim kontak. Penyingkatan atau membuat akronim sudah menjadi kebiasaan orang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dan pesan dengan istilah kirim kontak saat ini disingkat menjadi kirkon. Entah siapa yang mulai menyingkatnya, namun kata kirkon saat ini sudah biasa digunakan orang dengan tujuan meminta kontak telepon dari seseorang melalui aplikasi seperti WhastApp. Biasanya permintaan kirkon ini berhubungan dengan trik seseorang untuk berkenalan dengan lawan jenis. Coba kamu perhatikan jika ada teman-temanmu meminta nomor kontak ke teman selainnya. Kebanyakan kirkon yang dituju adalah nomor kontak lawan jenis. Karena tren ini diawali oleh generasi muda, maka bisa jadi motifasi kirkon memang sebagaimana dijelaskan di atas. Namun dalam perkembangannya, tujuan kirkon sudah mulai meluas dan bersifat umum. Bagi kalangan pebisnis, permintaan kirkon jelas untuk menyimpan nomor kontak mitra atau klien bisnisnya.


Akronim Lain Selain Kirkon

Arti kirkon di WhatsApp dan berbagai platform media komunikasi dan sosial lainnya telah cukup pada pembahasan diatas. Akan tetapi akronim-akronim baru tidak hanya kirkon, kamu perlu mengetahui penggunaan akronim lainnya, bisa jadi ini akan sangat berguna buat bekal kamu komunikasi dengan generasi muda Sejak dimulainya sebutan generasi millineal, para generasi ini dan juga setelahnya memang benar-benar generasi yang kreatif. Munculnya berbagai istilah gaul juga salah satunya dipelopori oleh generasi ini. Jika kamu bekerja di bidang pemasaran, maka mengetahui istilah-istilah gaul yang baru ini sangat berguna buat kamu menggaet segmen pasar anak muda. Di bawah ini kami jelaskan beberapa akronim atau bahasa gaul yang berkembang beberapa tahun terakhir.


FYI

Kalau istilah yang satu ini umum ditemui di plaform seperti Facebook karena biasanya media ini digunakan untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Kepanjangan dari FYI adalah for your information, yaitu informasi ini untuk kamu. Biasanya istilah ini diletakkan di belakang dari konten informasinya.

AFK

Istilah ini populer awal kali di kalngan gamer, karena kepanjangannya adalah away form keyboard. Yang memiliki makna kurang lebihnya adalah kamu sudah siap dan bersiap untuk memainkan permainan bersama

CMIIW

Istilah pertama yang cukup populer di masyarakat adalah CMIIW. Mungkin banyak yang tahu maksud dari istilah ini, namun bisa jadi tidak paham apa sebenarnya kepanjangan dari CMIIW.

Hal ini wajar, karena mungkin tidak banyak tahu bahwa kepanjangannya sebenarnya dalam bahasa Inggris. CMIIW adalah singkatan dari correct me if i’am wrong atau jika dalam bahasa Indonesia memilki maksud koreksi saya jika saya salah.

COD

Kata yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi kalian, khususnya yang sering melakukan transaksi jual beli online. Bahkan istilah ini sudah dipakai pada berbagai marketplace untuk menunjukkan bahwa sistem transaksi penjualan barang mereka bisa COD.

Apa sebenarnya arti dari COD adalah pembayaran bisa dilakukan di tempat saat barang yang dipesan sudah datang dan diterima langsung. Kepanjangan dari COD sendiri adalah cash on delivery dan dalam bahasa Indonesia memiliki arti kurang lebih seperti dijelaskan sebelumnya. 

LOL

Bagi yang tidak tahu, mungkin awalnya ketika membaca istilah ini akan menganggap negatif. Sebagian orang memaknai istilah ini sebagai sebutan orang bodoh karena ada kata LOL yang disalahartikan kepanjangan dari tolol.

Padahal istilah ini memiliki kepanjangan dalam bahasa Inggris dan memang biasa digunakan untuk mengomentari vidio atau gambar yang lucu. Gambar lucu ini mungkin wajar juga ada yang menafsirkan sebagai kekonyolan dan ketololan.

Kepanjangan dari LOL sendiri adalah loud of laugh yang mengandung makna tertawa ngakak atau lepas. Jika kamu mendapatkan istilah ini dari orang lain di vidio atau foto kamu, maka dia sedang tertawa karena ada sesuatu yang sangat lucu.

Sotoy

Jika beberapa istilah yang telah dibahas di atas adalah kependekan dari kalimat bahasa Inggris, maka yang satu ini diambil dari bahasa Indonesia. Sotoy merupakan kepanjangan yang diplesetkan dari sok tahu.

Inilah uniknya istilah yang dibuat oleh orang Indonesia, tidak hanya menyingkat dari suatu kata, namun juga diplesetkan sehingga ada ketidakcocokkan dari rangkaian huruf-hurufnya.

Bucin

Yang suka menonton acara-acara gosib pastinya tahu sekali kepanjangan dan juga makna dari istilah yang satu ini. Bucin yang merupakan kepanjangan dari budak cinta, jika ada orang yang dijuluki bucin, maka maksudnya adalah orang ini selalu melakukan apa saja permintaan dari orang yang disayangi atau dicintainya.

Baper

Untuk remaja-remaja yang masih labil dalam urusan asmara, selain istilah bucin ada istilah baper, yang merupakan kependekan dari bawa perasaan.

Istilah ini digunakan buat orang yang mudah sekali terbawa perasaan. Misalnya jika ada lawan jenis yang memberi sedikit perhatian, orang yang baper akan menganggap lawan jenis ini tertarik atau suka sama dia, padahal kan hanya sikap perhatian yang umum saja.

Itulah beberapa istilah baru atau disebut juga istilah gaul yang muncul dalam beberapa tahun terakhir ini. Selain di atas ada juga istilah seperti PHP, Pelakor, Pebinor, Kuper, Japri, Pansos, Pewe, DIY, OMG, dan masih banyak yang lainnya. Ketika orang sering nongkrong dan melakukan komunikasi antar sesamanya, maka otomatis daya kreatifitas itu akan mendorong untuk membentuk bahasa baru yang pada awalnya digunakan hanya untuk komunitas mereka.

Posting Komentar

0 Komentar