Bahan Alami Untuk Atasi Kulit Kusam

 



YulianaID - Peranan masker wajah dalam dunia kecantikan diketahui memiliki peran yang cukup penting untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat. Saat ini banyak sekali tersedia ragam produk kecantikan salah satunya adalah masker beserta kegunaan dan kelebihannya masing- masing yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kamu. Mulai dari paparan sinar matahari berlebih, pola hidup yang tidak sehat, kurang olah raga, dehidrasi dan lain sebagainya menjadi banyak faktor penyebab kulit menjadi kusam. Apabila anda mengiginkan kulit yang sehat, tidak ada salahnya mencoba atasi kulit kusam menggunakan bahan-bahan alami. Selain aman, penggunaan bahan alami ini tidak merogoh kocek terlalu dalam untuk perawatannya, berbeda dengan penggunaan skincare yang harus siap-siap menyediakan budget lebih guna membelinya ya.

Masker wajah dari bahan alami memiliki banyak manfaat, Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat menjadi pilihan untuk mengatasi kulit kusam diantaranya:


Masker Bahan Alami

1. Madu
                                   

Manfaat madu telah banyak diketahui selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata madu juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Madu mengandung fruktosa, glukosa, dan asam alfa hidroksi (AHA) yang bisa membantu mengurangi pigmentasi berlebih di wajah. Selain itu juga dapat melembutkan kulit dan membuat kulit tampak kenyal.

Penggunaan madu dapat dilakukan dengan cara mengoleskannya pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas bersih wajah menggunakan air suam-suam kuku.


2. Lemon
                                     

Cara menggunakannya yaitu peras lemon ke dalam mangkuk dan rendam kapas di dalamnya. Oleskan cairan ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas. Lakukan hal tersebut dua kali seminggu.


3. Kunyit


Kunyit diketahui memiliki kandungan antioksidan dan anti radang pada kunyit sangat efektif membuat kulit terlihat lebih lembap, kenyal, dan dapat mencerahkan wajah kusam secara alami dan menyeluruh sehingga sangat berguna bagi kesehatan kulit.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh kunyit dengan satu sendok teh madu. Kemudian aduk hingga tercampur merata. Kemudian, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.


4. Pisang


Buah pisang mengandung antioksidan yang tinggi, Antioksidan sering menjadi komposisi bahan kecantikan kulit, dapat mengurangi kekusaman pada kulit, Selain itu juga dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.


5. Gula Pasir

Salah satu bahan alami yang dapat digunakkan adalah gula pasir. Setiap butiran dari gula pasir yang kecil tidak bersifat abrasif pada kulit. Kandungan yang terdapat dalam gula pasir dapat membantu menjadikan kulit menjadi lembab dan membantu kulit terhidrasi.

Bukan hanya itu saja, gula pasir adalah merupakan sumber asam glikot, yaitu sejenis asam alfa hidroksi (AHA) yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan kusam. Bagi anda yang tidak memiliki kulit sensitif, tidak ada salahnya anda mencoba melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati menggunakan gula pasir sebagai cara untuk mencerahkan wajah kusam secara alami. Dengan demikian, sel kulit baru akan muuncul dan wajah tampak lebih cerah. Setelah mengeksfoliasi, anda juga dapat melengkapi rangkaian perawatan kulit dengan menggunakan produk perawatan kulit menggunakan pelembab, diikuti dengan face oil dan krim mata, wah tentunya aktifitas dalam perawatan wajah ini akan semakin menyenangkan ya

6. Lidah Buaya


Penggunaan lidah buaya untuk mengatasi kulit kusam belakangan kian marak. Kandungan pada lidah buaya dapat membantu mengurangi efek hiperpigmentasi di wajah. Senyawa tersebut membantu wajah tidak kusam lagi.

Untuk penggunaanya dengan cara mengoleskan gel lidah buaya setelah membersihkan wajah. Namun, tidak semua orang cocok menggunakannya, ada juga yang alergi terhadap lidah buaya.

7. Yogurt

Bahan lain yang dapat dipakai menjadi salah satu cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang bisa digunakan adalah yogurt. Yogurt bekerja dengan cara menghambat penyebab wajah kusam muncul. Selain itu, yogurt juga mengandung L-cysteine yang efektif mengurangi tampilan noda bekas jerawat dan hiperpigmentasi.

Cara menggunakannya, Oleskan yogurt pada bagian tubuh yang diinginkan secara merata. Biarkan kurang lebih selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. 

8. Bubuk Kopi

Dengan melakukan eksfoliasi menggunakan bubuk kopi dapat membantu mencegah penumpukan sel kulit mati pada lapisan luar kulit yang menyumbat pori-pori. Untuk membuat kulit tampak lebih muda, halus dan sehat, dapat menggunakan scrub yang terbuat dari kopi. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dan juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari karena antioksidan yang terkandung didalamnya.

Cara menggunakannya apabila digunakan untuk mengusir kulit kusam yaitu mencampurkan kopi bubuk dengan minyak kelapa untuk dijadikan scrub buatan sendiri yang memiliki wangi aromatik.


Khasiat Masker Alami Bagi Wajah   

Masker wajah tidak hanya mampu mengatasi kulit kusam tetapi juga mampu memberikan efek relaksasi kulit wajah tetapi juga terdapat manfaat lain diperoleh setelah penggunaanya secara rutin, khasiat dari masker alami diantaranya adalah:

1. Membersihkan kulit wajah secara menyeluruh

Untuk anda yang sudah terbiasa menggunakan make-up saat beraktifitas sehari-hari, masker wajah berguna untuk membersihkan sisa-sisa make up diwajah yang dapat mengakibatkan penutupan pori-pori dan mengakibatkan kulit menjadi kusam, dengan penggunaan masker wajah akan terhindar dari berbagai masalah kulit.

2. Mengencangkan kulit wajah

Apabila anda rutin menggunakan masker wajah, kebiasaan rutin ini akan menjadikan wajah terasa kenyal dan terlihat awet muda. Selain itu, masker juga dapat membuat kulit wajah lembut dan merona.

3. Melembabkan kulit wajah

Masker wajah bermanfaat untuk menghidrasi dan merupakan cara ampuh untuk mengembalikan kelembaban kulit

4. Menutrisi kulit

Masker yang menggunakan bahan alami kaya akan vitamin yang baik untuk kulit sehingga kebutuhan nutrisi kulit menjadi terpenuhi dan hasilnya anda akan mendapatkan kulit yang sehat

5. Mencerahkan kulit wajah

Sel- sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori adalah salah satu penyebab kulit wajah mejadi kusam. Jadi, penggunaan masker wajah alami mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan memperkuat kinerja pembersih wajah dalam mengencangkan pori-pori kulit, Sehingga hasilnya kulit wajah anda akan tampak cerah dan berseri.

6. Meredakan masalah kulit

Bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif dan sering mengalami iritasi, kemerahan atau sunburn. Penggunaan masker wajah dapat membantu menenangkan kulit yang sensitif.

7. Eksfoliasi kulit wajah

Manfaat masker wajah tidak hanya membantu mengangkat sel- sel kulit mati atau eksfoliasi kulit saja. Kandungan vitamin yang ada dalam masker juga mampu mengembaikan keremajaan kulit dan membersihkan kulit dari racun-racun radikal bebas.

Posting Komentar

0 Komentar