Berapa Lama Pengiriman Standard Express Shopee Dari China ke Indonesia

                                        


 YulianaID -  Apakah anda pernah memiliki pengalaman belanja online akan tetapi lokasi toko bukan berada di Indonesia? Apabila belum pernah mengalaminya,  silahkan baca  artikel  berikut ini. Pengalaman belanja di toko yang berlokasi di Cina, tentu akan memperkirakan pertanyaan berapa lama ya waktu pengirimannya? serta bagaimana teknis belanjanya dari Shopee, untuk  mengetahui  itu semua akan diulas pada artikel ini.


Pengalaman Belanja Produk Shopee

Apabila bicara tentang belanja online, biasanya langsung beli pada situs resmi produk yang ingin dibeli karena akan memberikan rasa aman. Kita tidak perlu merasa khawatir akan terkena penipuan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya jika mengunjungi situs toko online seperti Shopee, Tokopedia, dan semacamnya, pengalaman kami hanya untuk “cuci mata” saja. Tetapi, kali ini rasa penasaran ingin belanja di salah satu marketplace terbesar di Indonesia, yakni Shopee, sudah tidak terbendung.

Produk pertama yang ingin kami beli melalui Shopee adalah barang kebutuhan elektronik. Setelah keliling toko yang ada di Shopee, akhirnya ketemu juga yang dirasa harga dan stok barang sudah sesuai yang diinginkan. Ternyata ketika mencermati lagi detail pengirimannya, lokasi toko dan barangnya sendiri tidak berada di Indonesia, melainkan di negeri Tiongkok alias Cina. Pasti yang muncul di pilkiran kami adalah berapa lama ya waktu pengirimannya. Sebenarnya ada toko lain yang ada di Indonesia, juga menjual produk yang sama persis. Namun stoknya terbatas dan secara rating toko masih lebih bagus yang ada di Cina ini. Banyak yang memberikan ulasan dan rating yang bagus kepada toko yang berlokasi di luar negeri ini.

Selain itu, juga banyak sekali produk yang terjual di toko ini, yang menandakan banyak sekali pelanggan yang percaya dan belanja di toko ini. Atas dasar itulah, kami memberanikan diri untuk percaya kepada toko ini dan melakukan pembelian barang kebutuhan di toko yang lokasi tepatnya di Shenzen, Cina.


Nama Jasa Ekspedisi Yang Belum Pernah Terdengar

Beberapa hal yang membuat kami sedikit kaget adalah jasa pengiriman yang memang baru pertama ini kami mendengarnya, Standar Ekspress. Dengan adanya teknologi dan ini adalah satu-satunya jasa pengiriman yang tersedia untuk pengiriman barang dari luar negeri.

Akhirnya kita memutuskan membeli tiga produk elektronik dan menggunakan jasa pengiriman ini. semua berjalan lancar dan pesanan kami terkonfirmasi tepat pada tanggal 31 Agustus 2019 malam. Semua proses pesanan hingga pemilihan jasa ekspedisi hingga terkonfirmasi, berjalan lancar sebagaimana biasanya pesan di toko yang ada di Indonesia.

Detail tahapan perjalanan dari pesanan yang kami lakukan, bisa kamu perhatikan pada uraian di bawah ini.

-          31 Agustus 2019 jam 18:32, pesanan dibuat.

-          31 Agustus 2019 jam 18:40, penjual telah menerima pesanan yang anda buat.

-          1 September 2019 jam 09:45, pesanan sedang dikemas oleh penjual.

-     2 September 2019 jam 15:47, pesanan sudah diterima di pusat sortir Shopee di Cina (menurut kami ini prosesnya cukup cepat).

-          3 September 2019 jam 02:17, pesanan telah dikirim dari pusat sortir Shopee di Cina.

Pada tahapan di atas, pesanan kami memang dilakukan pada malam hari, yakni jam 18:32. Sehingga cukup wajar jika pesanan akan diproses pada keesokan harinya. Namun yang membuat kami memberikan kredit positif adalah hari pengemasan barang tersebut dilakukan di hari minggu yang biasanya libur untuk segala aktifitas pekerjaan.

Pada hari tersebut, tanggal 1 September 2019, Standar Ekspress sudah memunculkan nomor resinya, walaupun belum bisa dilakukan pengecekan. Dan hanya berselang 2 hari saja, yakni tanggal 3 September 2019, barang sudah berada dalam tahap sedang dikirim ke Indonesia.

Kalau sudah dalam tahap pengiriman ke Indonesia, kami hanya bisa menunggu barang tersebut sampai di Indonesia. Menurut informasi dari sistem Shopee, untuk pembelian barang dari luar negeri akan sampai di Indonesia dalam waktu 7-14 hari kerja. Hal ini sangat wajar karena pengiriman dari luar negeri selain memerlukan pemenuhan kuota kontainer juga secara jarak juga jauh.


Berapa Lama Pengiriman Jasa Ekspedisi Standar Ekspress dari China ke Indonesia

Pada tanggal 3 September 2019, resi barang sebenarnya sudah diterbitkan oleh pihak Standar Ekspress. Namun, resi ini belum bisa dilacak sampai nantinya barang masuk dulu ke Indonesia dan dilakukan pengecekan oleh Bea Cukai.

Dan untuk melakukan pengecekan resi Standar Ekspress, kamu perlu melakukannya di situs resmi Bea Cukai. Pada hasil pengecekan resi akan muncul detail informasi mengenai kapan barang sampai di Indonesia dan apakah barang tersebut telah lolos oleh pemeriksaan Bea Cukai.

Bagi kamu yang tidak tahu situs resmi Bea Cukai untuk melakukan pengecekan resi Standar Ekspress, kamu bisa mengunjungi tautan berikut ini http://beacukai.go.id/barangkiriman.html. Berikut di bawah ini informasi detail mengenai perjalanan paket barang setelah masuk ke Indonesia dari Cina.

-          4 September 2019 jam 14:24:58, kode 100, dokumen telah diterima dan untuk diproses Bea Cukai.

-          4 September 2019 jam 14:24:58, kode 201, cek data wajib selesai.

-          4 September 2019 jam 14:24:59, kode 202, proses validasi sistem Bea Cukai.

-          4 September 2019 jam 14:24:59, kode 203, selesai validasi sistem Bea Cukai.

-    4 September 2019 jam 14:31:41, kode 501, penetapan SPPBMCP (pembayaran dan persetujuan keluar)  menunggu pemindai (X-Ray) atau Manifes.

-          5 September 2019 jam 14:43:24, kode 102, barang telah melalui pemindai (X-Ray).

-    5 September 2019 jam 14:43:24, kode 403, persetujuan keluar dengan pembebasan bea masuk dan pajak.

-          5 September 2019 jam 15:31:55, kode 408, barang keluar dari gudang.

Melihat jeli informasi di atas membuat kami terpukau. Bagaimana tidak, ternyata barang yang informasinya kelaur dari Cina tanggal 3 September 2019, ternyata sudah tiba di Indonesia satu hari kemudian, tepatnya hanya memerlukan waktu 1 hari 12 jam saja (tidak sampai 2 hari).

Dan proses pengecekan di Bea Cukai juga hanya memakan waktu satu hari saja. Barang kami sudah keluar gudang Bea Cukai pada keesokan harinya, yakni tanggal 5 September 2019. Jadi bisa disimpulkan bahwa mulai dari pengiriman dari Cina hingga barang keluar dari gudang Bea Cukai hanya memakan waktu 2 hari kerja saja. Dan setelah barang lolos Bea Cukai, pihak Shopee ternyata meneruskan pengiriman barang ke lokasi tujuan penerima menggunakan jasa ekspedisi lokal. Dalam kasus kami, Shopee merekomendasikan JNE sebagai mitra kurir yang akan mengirimkan barang ke lokasi saya.Untuk kurir rekomendasi ini, tidak hanya JNE, bisa jadi menggunakan JNT maupun Si Cepat. Bergantung pada jarak dan aspek lain yang domain pertimbangannya ada pada sistem Shopee. Yang pasti Standar Ekspress hanya melayani pengiriman antar negara namun tidak sampai masuk ke lokasi detaik di suatu negara. Demikian informasi tentang berapa lama pengiriman Shopee dari Cina ke Indonesia dengan Standar Ekspress. Pengalaman belanja di toko yang berada di luar Indonesia tentunya akan memberikan pengalaman unik dan menyenangkan. 

Posting Komentar

0 Komentar