Cara Mengembalikan Voice Note yang Terhapus di Whatsapp

 




YulianaID - Dalam pambahasan kali ini, kami akan mengulas buat kamu bagaimana cara mengembalikan voice note WhatsApp yang terhapus. Pernah mengirim pesan suara atau voice note di WhatsApp? Bagaimana jika voice note kamu terhapus karena kesalahan yang tidak disengaja. 


Keunggulan Voice Note di WhatsApp

WhatsApp begitu banyak digunakan orang, salah satunya adalah adanya berbagai fitur yang memudahkan penggunanya. Voice note adalah salah satu dari fitur WhatsApp yang sangat membantu bagi penggunanya. Pengiriman pesan tidak hanya berupa teks namun bisa langsung rekaman suara sangat dibutuhkan terutama saat kita dalam kondisi sulit mengetik pesan teks. Voice note sangat efisien digunakan karena kita hanya menekan satu tombol saja saat hendak mengirim sebuah pesan suara. 

Selain itu, penggunaan kuota data bisa jadi lebih murah dibandingkan dengan kuota pulsa. Sehingga banyak yang lebih memilih menggunakan voice note dibandingkan langsung melakukan sambungan telepon. Pesan suara sangat cocok buat kamu yang lagi menjalin hubungan LDR, rasa kangen akan terobati ketika mendengar suara pasangan yang kamu sayangi secara langsung. 

Kelemahan dari langsung melakukan sambungan telepon adalah kedua belah pihak harus sama-sama meluangkan waktu untuk berbicara secara langsung. Sedangkan jika menggunakan voice note, kedua komunikan bisa mendengar langsung suara namun tidak harus meluangkan waktu secara bersamaan. Kamu bisa membalas pesan suara tersebut beberapa menit atau bahkan jam kemudian ketika kamu memang lagi sibuk. Dengan demikian komunikasi tetap berjalan lancar dan kamu masih tetap bisa melanjutkan pekerjaan sebagaimana biasanya tanpa terganggu dengan harus mengangkat telepon secara langsung.


Keunggulan Voice Note di WhatsApp

Masalah jika pesan suara atau voice note yang ada di WhatsApp kita tidak sengaja terhapus. Padahal kita belum sempat mendengarnya, atau jika itu pesan dari kita yang terkirim ke orang lain, kita malas untuk membuatnya lagi. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir, ada tips untuk bisa mengembalikan voice note WhatsApp yang tidak sengajar terhapus. Karena sebenarnya file yang tidak sengaja terhapus tadi ternyata tidak benar-benar hilang, namun masih tersimpan di file manager ponsel / gadget kita.

Karena masih tersimpan, kita bisa mencarinya dan mengembalikan file tersebut. Namun perlu diketahui bahwa kita tidak bisa membuka dan mendengarnya langsung karena file voice note tidak dalam format MP3 atau MP4, tetapi file .opus.

File opus sendiri adalah format file audio yang memiliki keunggulan dalam hal ukuran yang relatif kecil. Sehingga tidak akan memakan memori penyimpanan. Kejernihan atau kualitas suara tidak menjadi fokus penting di opus, karena prinsipnya pesan suara tersampaikan dan terdengar dengan jelas. Oleh karenanya kompresi yang dilakukan oleh teknologi opus sama halnya yang dilakukan MP3, yakni bisa mengurangi kualitas atau keaslian dari suara yang masuk. Tidak banyak perangkat yang support terhadap format opus, oleh kareanya butuh alat atau tools untuk mengubahnya menjadi MP3 atau semacamnya.

Oleh karenanya kamu perlu merubah bentuk file ini terlebih dahulu baru bisa membuka dan mendengarnya kembali, bagaimana caranya, simak tahapnnya di bawah ini!

1.     Download dan install terlebih dahulu opus conventer yang tersedia di google play store. Aplikasi yang satu ini sebagaimana namanya memang untuk merubah file opus menjadi file lain seperti MP3.

2.     Setelah install berhasil, kamu cari aplikasi ini di layar ponsel kamu dan ketuk atau sentuh untuk membukanya.

3.     Akan muncul tampilan menu dari aplikasi opus conventer, kamu pilih menu select file. Artinya kamu akan memilih file mana yang akan dilakukan perubahan format filenya.

4.     Pada tahap ini, kamu cari keberadaan file voice note WhatsApp yang hendak kamu kembalikan lagi. Biasanya lokasinya di Internal --> Media --> WhatsApp Voice Note. Akan muncul berbagai file yang kode namanya hanya berupa angka.

Pertanyaannya, bagaimana bisa mengetahui mana file voice note yang hendak kita kembalikan lagi. Caranya adalah dengan memperhatikan keterangan waktu yang ada di bawah file tersebut. Kamu pilih yang memang secara waktu sesuai dengan file voice note yang kamu maksud.

5.     Kemudian pilih menu convert, file yang kamu pilih akan otomatis dikonersi ke dalam format yang bisa kamu dengarkan kembali.

Jika semua tahapan di atas sudah kamu lakukan dengan benar, maka kamu berhasil mengembalikan file voice note WhatsApp yang terhapu secara tidak sengaja.

Format penyimpanan audio opus sendiri dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Dan memang dikembangkan untuk penggunaan real-time interractive seperti pesan suara di berbagai platform media sosial.

Sebenarnya ada banyak converter yang ada di berbagai website, namun menggunakan aplikasi bagi sebagian orang akan lebih praktis atau efisien. Ada beberapa aplikasi lain yang bisa kamu gunakan jika memang penggunaan aplikasi yang satu ini mengalami kendala.

Bagi kamu yang menggunakan Linux, kalian bisa menggunakan aplikasi sound converter sebagai alat untuk mengubah format Opus menjadi format MP3. Bahkan di aplikasi ini kamu bisa merubah berbagai format audio.

Caranya sangat mudah, hanya beberapa langkah saja kamu bisa merubah format Opus dalam sekejap. Pertama adalah install terlebih dahulu sound converter pada Linux Mint degan tekan tombol Ctrl+Alt+t.

Kemudian jalankan apliksi ini melalui Menu --> Suara --> Sound Converter. Lalu klik menu preferences, di sini kamu bisa lakukan pengaturan mulai dari akan dirubah menjadi file apa, lokasi peletakkan file, hingga kulalitas file yang diinginkan.

Berikutnya adalah memasukkan file opus dengan cara klik menu add file yang ada di dashboard sound converter. Kemudian klik convert, tunggu beberapa saat, maka file opus yang kamu masukkan tadi akan berubah menjadi file format sebagaimana kamu setting di atas.

Situs atau aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk merubah file Opus, beberapa di antaranya sebagai berikut.

1.   www.coolutils.com, di laman ini kamu bisa langsung bisa merubah file opus ke dalam berbagai format audio. Syarat utama agar bisa menggunakan tools dalam situs ini adalah kuota internet harus ada dan stabil.

2. www.online-convert.com, secara fungsi sama dengan website di atasnya, namun beberapa tahapan caranya bisa agak sedikit berbeda.

3.     www.aconvert.com.

Itulah beberapa alamat website yang langsung menyediakan tools untuk mengubah format opus menjadi beragam format audio lainnya. Sehingga banyak jalan untuk bisa mengembalikan voice note pada WhatsApp yang tidak sengaja terhapus. 

Posting Komentar

0 Komentar