Mitos Burung Pembawa Rejeki




YulianaID – Diantara kamu pasti sudah pernah mendengar kata “mitos” ?? Namun apakah kamu tau pengertian dari mitos? Menurut KBBI yang dirangkum dalam laman nya menerangkan bahwa mitos adalah Cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tersebut mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib. Bagi kamu yang ingin mengetahui dan penasaran tentang mitos dan apa saja serba-serbi mitos yang ada di masyarakat, dalam artikel berikut akan kita bahas yang pertama adalah pengertian mitos.


Pengertian Mitos Menurut Beberapa Ahli

1. Pengertian mitos menurut Levi Strauss

Mitos merupakan suatu warisan yang memiliki bentuk seperti cerita tertentu dari suatu tradisi lisan , dan mengisahkan mengenai dewa-dewi, binatang, manusia dan lain sebagainya. Dengan berdasarkan pada skema logis yang terkandung pada sebuah mitos tersebut.

2. Pengertian mitos menurut Wiliam A. Haviland

Istilah mitos merupakan suatu cerita mengenai sebuah kejadian- kejadian yang semihistoris yang mendeskripsikan tentang masalah-masalah akhir pada kehidupan manusia.

3. Pengertian mitos menurut Cremers

Mitos merupakan suatu cerita suci yang memiliki bentuk simbolik, dan menceritakan suatu hubungan kejadian secara nyata, dan imajiner yang berkaitan dengan asal usul serta perubahan alam raya, dunia, dewa-dewi, kekuatan atas suatu kodrat manusia, masyarakat dan juga pahlawan.

4. Pengertian mitos menurut Ahimsa Putra

Mitos sebagai suatu cerita yang aneh, dan kerap kali sulit untuk dipahami maknanya maupun diterima kebenarannya. Hal itu disebabkan oleh sebuah kisah yang didalamnya tidak masuk di akal pikiran, dan tidak sesuai juga dengan sesuatu hal yang dijumpai di keseharian.

5. Pengertian mitos menurut versi masyarakat khalayak 

bahwa pengertian mitos adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan dianggap suci dan sakral.

Selain dari pengertian mitos menurut beberapa ahli, terdapat beberapa jenis mitos yang masih banyak diyakini oleh masyarakat, yaitu sebagai berikut:



Jenis-jenis Mitos 

Mitos memiliki berbagai perbedaan di setiap masing- masing jenisnya. Berikut adalah jenis mitos, diantaranya yaitu:

1. Mitos Theoginik

Jenis mitos satu ini merupakan salah satu jenis mitos yang menggambarkan tentang para mahluk adikodrati, dan juga para dewa.

2. Mitos Penciptaan

Jenis mitos satu ini merupakan salah satu jenis mitos yang menggambarkan mengenai penciptaan alam semesta yang dulunya belum ada sama sekali.

3. Mitos asal usul

Jenis mitos ini merupakan salah satu jenis mitos yang menggambarkan mengenai asal usul maupun permulaan diri seorang binatang, jenis tumbuhan, dan lain sebagainya.

4. Mitos Anthropogenic

Jenis mitos satu ini merupakan salah satu jenis mitos yang memiliki hubungan dengan terjadinya manusia. Mitos yang berhubungan dengan transformasi, yakni menggambarkan perubahan- perubahan kondisi manusia, dan dunia di kemudian hari.

5. Mitos Kosmogenik

Jenis mitos satu ini merupakan salah satu jenis mitos yang menggambarkan mengenai penciptaan alam semesta, namun pada penciptaan tersebut memakai beberapa sarana maupun perantara yang telah ada.

Ciri-ciri Mitos:

Selain dari engertian mitos menurut beberapa ahli dan jenis-jenis mitos, Mitos juga memiliki sebuah ciri yang membedakannya dengan yang lainnya. Berikut adalah beberapa ciri mitos diantaranya:

1. Mitos mempunyai latar belakang yakni masa lalu.1. Mitos telah dipercaya oleh masyarakat sebagai segala sesuatu yang benar-benar terjadi.

2. Mitos merupakan cerita sederhana yang terdiri dari beberapa plot, dan juga model yang mudah dipahami.

3. Mitos akan terasa aneh bagi sebagian orang, namun mitos memiliki peranan cukup penting pada masyarakat.

4. Mitos dianggap oleh masyarakat sebagai suatu cerita yang didalamnya terkandung sesuatu yang keramat atau suci.

5. Mitos memiliki cara penuturan yang disertai oleh upacara tertentu.

Berbicara tentang mitos, berikut ini adalah mitos mengenai memelihara burung Yang dipercayai jika memelihara hewan tersebut salah satunya adalah mitos memelihara burung yang dapat mendatangkan rejeki. Memelihara burung adalah hobi setiap orang. Selain bisa menikmati suaranya yang merdu, menikmati warnanya yang indah.


Burung- burung Pembawa Rejeki

Berikut ini burung-burung yang diyakini sebagai pembawa rejeki kepada sipemiliknya diantaranya:

1. Burung Derkuku



Burung derkuku ini memiliki karakteristik sayap berwarna gelap ujung ekor berwarna putih serta tebal, Burung ini mencari makan dipermukaan tanah. Burung derkuku memiliki nama ilmiah spilopelia chinensis, merupakan sejenis burung merpati berukuran kecil yang dikenal akrab dengan manusia.

Burung ini diyakini sebagai pembawa rejeki dengan memiliki simbol untuk yang memeliharanya akan mendapatkan rejeki selalu ada dan mengalir terus menerus tidak ada habisnya.

Jadi jika kamu adalah salah satu pecinta burung , tak ada salahnya untuk mencoba memelihara burung derkukku dirumah agar rejeki semakin lancar.

2. Burung Merpati Kipas



Burung merpati kipas memiliki krakteristik ukuran ekor yang besar dan berbulu seperti kipas, jumlah ekornya bisa mencapai 30-40 bulu. Burng ini diyakini dapat mendatangkan rejeki serta keberuntungan jika dipelihara. Sebagaimana namanya yaitu kipas ia memiliki arti yaitu mendinginkan atau kondisi perekonomian yang dingin.

3. Burung Kepodang



Selanjutnya burung yang diyakini dapat mendatangkan rejeki serta keberuntungan kepada pemiliknya adalah burung kepodang, Burung ini memiliki karakteristik badan dan sayap berwarna hitam dan kuning dengan strip melewati mata dan tengkuk, tubuh bagian bawah keputih- putihan dengan burik hitam, iris merah, bentuk paruh meruncing dan sedikit melengkung kebawah. Ukuran panjang paruh kurang lebih 3cm. Memelihara burung ini bisa dicoba jika ingin memperoleh rejeki yag lancar dan hidup selalu beruntung.

4 Burung Perkutut


Burung Perkutut memiliki karakteristik kepala dengan ukuran besar, badan yang kekar, paruh burung yang panjang, leher berwarna abu-abu, punggung yang menonjol dan dada yag membusung. Burung perkutut merupakan burung yang diyakin sebagai burung pembawa rejeki serta keberntungan. Burung ini sering dipelihara oleh para bangsawan karena diyakini dapat mendatangkan keberuntungan. 

5. Burung Gelatik

Burung gelatik memiliki karakteristik warna kepala hitam, pipi putih dan paruh yang berwarna merah yang berukuran besar. Burung gelatik dewasa mempunyai bulu berwarna abu-abu, perut berwarna coklat kemerahan, kaki berwarna merah muda dan memiliki lingkaran merah di sekitar matanya. Burung gelatik juga dipercaya sebagai burung pembawa rejeki serta keberuntungan kepada pemiliknya.

6. Burung Putar

Burung yang diyakini dapat mendatangkan rejeki dan keberuntungan selanjutnya adalah burung putar. Karakteristik dari burung putar memiliki ukuran tubuh yang sedang (30 cm), ekor panjang berwarna cokelat. Sebagaimana namanya burung ini memiliki arti berputar, artinya ekonomi atau rejeki pemilik burung ini akan terus berputar yang artinya rejekinya akan selalu berputar.

Posting Komentar

0 Komentar