Dunia Bawang dan Manfaatnya

 



YulianaID – Bawang merupakan istilah umum bagi sekelompok tumbuhan yang penting bagi manusia yang termasuk dalam genus allium, umbi, daun atau bunga, bawang dimanfaatkan sebagai sayuran atau sebagai rempah-rempah dan selalu ada dalam resep masakan simple untuk sehari-hari

Bawang merupakan bumbu utama yang kerap digunakan dalam setiap masakan. Selain sebagai toping atau hiasan dalam setiap hidagan masakan baik disajikan secara langsung ataupun di olah terlebih dahulu dan dijadikan bumbu sebagai pelengkap rasa masakan. Siapa yang tak kenal salah satu anggota dari bumbu-bumbu didapur ini.

Berbicara serba-serbi tentang bawang dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya sebagai berikut:


Jenis-jenis Bawang

Bawang yang ada di berbagai daerah tidak hanya satu jenis bawang saja yang digunakan dalam memasak atau digunakan sebagai olahan bumbu. Ada banyak sekali bawang yang digunakan dan mempunyai kegunaan yang berbeda-beda seperti :


Bawang Putih


Hal yang menjadi kelebihan yang dimiliki bawang putih. Yaitu bawang putih sangat mudah untuk dikupas kulitnya, karena tidak mempuyai lapisan yang banyak seperti yang dimililiki oleh bawang merah.

Karakteristik Bawang Putih

Ciri khusus yang dimiliki bawang putih ini tak lain adalah dari warnanya yang berwarna putih dan bentuknya menggelembung. Namun, ketika dikupas akan terdiri dari beberapa siung bawang tunggal dan mudah untuk diola. Rasa yang dimilikinya lebih kuat ketika mentah, sedangkan jika sudah dimasak akan terasa sangat gurih dan harum.

Jenis-jenis Bawang Putih

Apabila selama ini kita tidak memperhatikan jenis-jenis bawang putih untuk memasak, karena terlihat sama jika dilihat dari luar, yaitu sama-sama berwarna putih. Ternyata ada berbagai jenis bawang putih yang dijual di pasar, seperti berikut ini diantaranya:

Bawang Putih Lokal

Meskiun memiliki warna yang agak kusam, tetapi cita rasa yang dimiliki bawang putih lokal ini cukup tajam. Tapi sayangnya bawang putih lokal ini cukup sulit ditemukan dipasar, karena produksinya terbatas.

Bawang Putih Lanang / Tunggal

Keunikan dari bawang putih lanang ini yaitu hanya mempunyai satu siung saja, sehiingga kerap disebut juga dengan bawang putih tunggal. Bahkan dalam kesehariannya sendiri bawang jenis ini lebih sering digunakan untuk membuat obat herbal dibandingkan untuk bumbu masakan. Sebab rasanya yang cenderung tajam dan memiliki aroma yang menyengat. 


Kegunaan Bawang Putih

Bawang putih biasanya digunakan untuk bumbu masak seperti sayuran, sup, tumis atau digunakan sebagai obat tradisional. Sedangkan cara memotongnya sendiri bisa dicincang, dimemarkan, maupun dihaluskan untuk menghasilkan wangi aroma yang kuat pada masakan.


Bawang Merah




Shallot merupakan nama lain dari bawang merah. Tanaman yang sering dijadikan bumbu dapur untuk berbagai jenis masakan di dunia. Bawang merah ini tumbuh di tempat yang mempunyai suhu dingin seperti di pegunungan. Sedangkan asalnya sendiri adalah dari india juga pakistan. Akan tetapi, lama kelamaan mulai dibudidayakan di tempat subtropis dan juga tropis di berbagai daerah.

Karakteristik Bawang Merah

Karakteristik dari bawang merah ini memiliki bentuk serta ukurannya berbeda- beda, tergantung dimana tempatnya tumbuh. Bawang merah yang diproduksi di asia bentuknya lebihh kecil daripada bawang merah yang ada di barat. Ukurannya dibilang sangat kecil, hanya seukuran jari kelingking atau seujung jempol. Sedangkan warna dagingnya pun lebih gelap yaitu ungu pekat. Rasa yang dimilikinya cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan red onion. Tetapi disisi lain, rasanya lebih kuat jika dibandingkan dengan bawang bombai. Bahkan rasanya malah sedikit mirip dengan bawang putih. Sedangkan didaerah barat, ukuran bawang merah ini cenderung lebih kecil dan ramping, pada bagian kulitnya pun tipis dengan warna merah muda. Sedangkan dagingnya berwarna keunguan.

Kegunaan

Jenis bawang ini kerap digunakan diberbagai belahan dunia. Khususnya untuk pembuatan saus yaitu mignotte yang terkenal diprancis. Bahkan di indonesia sendiri penggunaan bawang merah ini tidak terlepas dari kehidupan sehari- hari. Selain digunakan sebagai sumber bumbu dapur, biasanya bawang merah juga sering dibuat menjadi bawang goreng untuk taburan berbagai makanan dan hidangan. Khususnya menu makanan yang berkuah seperti soto, gulai, bakso dan lain- lain.

Biasanya umbi-umbian berupa bawang merah ini sering dijadikan bahan pelengkap untuk bumbu masakan atau dimakan secara mentah sebagai acar. Selain itu juga digunakan untuk obat herbal yang dicampur dengan bahan ramuan lainnnya yang sangat berguna untuk kesehatan, adapun manfaatnya sendiri tak lain untuk mengatasi masuk angin, magh, memperlancar pernafasan dan lain sebagainya , sedangkan dibagian kulitnya sendiri sering dimanfaatkan untuk zat pewarna, sedangkan daunnya sendiri sering digunakan untuk bahan campuran masakan, terutama sayuran.


Bawang Bombay

Asal usul bawang ini awalnya dibawa oleh orang dari kota bombay atau sekarang lebih sering disebut Mumbai (India). Biasanya bawang ini tumbuh subur didaerah pegunungan dengan suhu sekitar 18° celcius.

Karakteristik Bawang Bombai

Bawang bombai memiliki ukuran yang lebih besar dari bawang lainnya. Bentuk dari bawang bombai ini menyerupai bola golf. Warna daging yang dimiliki bawang bombai pun unik, dibagian dalamnya atau dagingnya berwarna kuning muda dan keemasan dan dilapisi dengan kulit yang sangat tipis.

Sedangkan rasa yang dimiliki mempunyai ciri khas tersendiri. Ketika mentah, rasanya sangat kuat dan aroma yang dikeluarkan pun demikian. Sehingga sangat cocok untuk berbagai masakan. Baik itu untuk makanan yang disemur, ditumis, digoreng, maupun direbus karena saat dimasak, rasa yang akan dihasilkan adalah gurih dan manis.

Jenis-jenis bawang bombai

Terdapat 2 jenis bawang bombai yaitu:

Bawang Bombai Putih

Bawang bombai putih sering disebut dengan sweet onion karena memiliki rasa yang lebih manis. Sehingga sangat cocok jika digunakan dan dicampurkan dengan sandwich, salad, maupun saus salsa. Bentuknya sendiri hampir menyerupai bawang bombai kuning, namun warna kulitnya cenderung cokelat muda dengan warna yang lebih kuat.

Bawang Bombai Merah

Sesuai dengan warnanya, rasa dari bawang bombai ini lebih kuat. Tetapi akan menjadi manis ketika dimasak. Kulit warnanya sendiri merah keunguan seragam dengan warna umbinya. Biasanya bawang ini kerap digunakan untukk sajian mentah sebagai topping sandwich, burger, pizza, maupun salad.

Kegunaan

Cara pengolahannya terdiri dari berbagai macam teknik pengirisan untuk setiap jenis makanan. Perbedaan dalam pengirisan bawang bombai bertujuan untuk memanfaatkan cita rasanya secara maksimal. Berbeda dengan jenis bawang lainnya yang diolah dengan cara yang sama. Biasanya bawang bombai kerap digunakan sebagai campuran kaldu, saus, sandwich maupun salad.

Keluarga Bawang

Selain dari jenis bawang-bawang diatas, terdapat juga berbagai jenis bawang daun yang sering kita jumpai diantaranya adalah:

Daun Bawang

Daun bawang ini memiliki bentuk batang dan daunnya lebih besar serta bentuknya menyerupai silinder.

Daun Bawang Kucai

Bentuk dari bawang daunn kucai ini memiliki warna yang benar-benar hijau segar.

Daun Bawang Prei

Daun bawang prei miliki bentuk daun cenderung datar, lebar, dan lurus serta memiliki aroma yang segar.

Posting Komentar

0 Komentar