Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh





YulianaID –  Madu merupakan cairan manis yang dibuat oleh lebah madu dengan menggunakan nektar pada tanaman berbunga. Manfaat madu bagi kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi, Dari sejak ribuan tahun yang lalu madu di percaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita, Karena kandungan indeks glikemi yang terdapat pada madu adalah rendah dan aman bagi kesehatan terutama pada penderita diabetes. Madu juga memiliki kandungan vitamin yaitu, Vitamin A (retinol), Vitamin B kompleks, Vitamin C serta beberapa senyawa aktif seperti plavonoid dan asam fenolik.


Jenis- jenis Lebah Madu



Sebelum membahas manfaat madu, kita akan bahas terlebih dahulu mengenai lebah. Lebah adalah serangga penghasil madu dari genus apis, berikut ini jenis-jenis lebah madu yang ada di indonesia diantaranya adalah:

1. Apis Florea

Lebah jenis Apis Florea merupakan lebah yang dapat ditemukan di indonesia, oman, iran dan india ini termasuk lebah liar dan tidak biasa dibudidayakan. Produktifitas madunya relatif kecil berkisar antara 1-3 kg per koloni setiap tahunnya. Lebah madu ini biasanya sering disebut madu lanceng.

2. Apis Cerana

Lebah jenis Apis Cerana merupakan lebah yang banyak di temukan di indonesia, afganistan, cina dan jepang. Cara membudidayakan jenis lebah ini dapat dibudidayakan secara tradisional maupun secara modern. Dibandingkan dengan lebah yang lainnya jenis lebh ini termasuk pada lebah madu yang kurang produktif, sedikit ganas dan membutuhkan upaya dalam membudidayakannya. Dalam satu kotak lebah dapat dipanen sebanyak tiga kali dengan produksi madu berkisr antara 2-5 kg setiap tahunnya.

3. Apis Meilifera

Lebah jenis Apis Meilifera merupakan jenis lebah yang banyak diminati oleh para ppeternak lebah dan menjadi pavorit para petani untuk dibudidayakan. Dimana lebah ini dapat menghasilkan madu sebanyak 35-40 kg setiap tahunnya. Sampai saat ini jenis lebah ini memiliki beberapa sub jenis yang sedang populer seperti diantaranya : Apis mellifera caucasia, Apis mellifera lehzen, Apis mellifera ligustica, dan Apis mellifera carcanica.

4. Apis Dorsata

Lebah jenis Apis Dorsata merupakan jenis lebah asli dari asia tenggara dan selatan, Lebah ini banyak tersebar di Indonesia, Malaysia, India, Filifina dan Nepal. Karena sifatnya yang ganas dan masih hidup secara liar di hutan-hutan , lebah ini masih belum dapat dibudidayakan. Jika ingin mengambil madu yang di produksi oleh jenis lebah ini, dapat mengambilnya dari pohonnya langsung yang berada di hutan. Produk utama Apis Dorsata adalah menghasilkan madu dengan hasil produksi madu dapat mencapai 10-20 kg per koloni setiap kali panen, berbeda dengan sarang yang besar madu yang dapat dihasilkan mencapai 30kg, hasil madu yang diproduksi dari lebah ini seing disebut juga dengan nama madu hutan.


Manfaat Madu

       Berikut ini adalah merupakan info tentang manfaat yang bisa diperoleh dari madu diantaranya:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kondisi kekebalan tubuh dibutuhkan untuk memberikan pertahanan terhadap patogen dan melindungi tubuh terutama dari infeksi. salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan daya imunitas tubuh adalah dengan mengkonsumsi madu. Kandungan senyawa fitonutrien yang terdapat pada madu bermanfaat bagi sel- sel imun tubuh, karena kandungan tersebut dapat memperkuat imun tubuh. Madu juga berkhasiat sebagai anti bakteri dan anti jamur pada tubuh. 

2. Meredakan Batuk

Batuk bisa menjadi sebuah kondisi yang sangat tidak nyaman dan dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Terdapat beberapa cara klinis untuk meringankannya, salah satunya menggunakan madu. Madu juga dapat melapisi tenggorokan dan mengurangi iritasi. Studi menemukan bahwa madu lebih berhasil digunakan dari pada dekstrometorfan, bahkan penekan batuk, untuk mengurangi serangan batuk malam hari pada anak-anak. Rasa pada madu yang manis dapat memicu air liur untuk melembabkan tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal ditenggorokan. Cara meredakan batuk menggunakan madu anda dapat mencoba mengkonsumsi madu yaitu sebanyak satu sendok teh beberapa kali sehari, atau menambahkannya pada teh atau air hangat untuk diminum bersama-sama.

3. Menangkal Radikal Bebas

Madu memiliki kandungan senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin pada madu merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktifitas oksidasi, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kandungan madu yang satu ini, diantaranya meredakan peradangan serta mencegah diabetes, penyakit jantung hingga kanker.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung yaitu menggunakan madu karena madu mengandung senyawa fitonutrien yang terkandung pada madu juga dapat melancarkan aliran darah, dan mencegah terbentuknya aterosklerosis. Beberapa penelitian juga membuktikan manfaat madu, dalam menurunkan tekanan darah, serta mengurangi kadar kolestrol jahat dan lemak dalam darah. Akan tetapi berbagai manfaat madu diatas masih memerlukan bukti dan studi lebih lanjut.

5. Mempecepat Penyembuhan Luka

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa madu bermanfaat dalam penyembuhan luka. Madu diketahui dapat membantu menyingkirkan jaringan yang mati, membunuh bakteri yang ada pada luka, dan merangsang pembentukan kulit baru untuk menutup luka.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa madu juga bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Madu disebut sebagai prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik didalam usus.

7. Mengurangi berat badan

Madu yang dikonsumsi sebelum tidur dipercaya dapat membakar lemak kalori dengan cepat. Madu yang dikonsumsi sebelum tidur dapat menekan keinginan untuk makan. Sehingg, selama malam hari kita tidak akan merasakan lapar dan berat badan lebih terjaga.

8. Mengurangi gejala magh

Pada kondisi seseorang mengalami sakit magh atauu gangguan yang dirasakan pada lambung, membuat sebagian orang mengalami hambatan pada aktifitasnya, serta gangguan pada lambung ini dirasa sangat tidak nyaman, cara mengobati sakit pada lambung ini sudah banyak baik tradisional maupun oba yang berbahan dasar kimia. Namun pengobatan yang menggunahan bahan dasar kimia ini mengakibatkan adanya efek samping. Karen hal tersebut banyak ahli yang mencari cara untuk mengobati sakit pada lamung tersebut dengan cara lain selain obat kimia, salah satu pengoobatan tersebut adalah dengan menggunakan madu. Kandungan madu yang memiliki sifat antibiotik sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh gangguan bakteri yang menjadi penyebab rasa sakit tersebut.

9. Menurunkan asam urat

Seseorang dengan  memiliki kondisi mengalami sakit asam urat tinggi, menyebabkan seseorang tersebut mengalami kesakitan p ada bagian sendi-sendi tertentu, hal ini disebabkan karena asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. Penderita pasti akan merasakan hal yang sangat tidak nyaman pada saat beraktivitas. Cara mengurangi asam urat yang tiinggi adalah dengan menyeduh jahe di campurkan 250ml air di rebus lalu ditambahkan 2 sendok madu.

Posting Komentar

0 Komentar