Oleh-oleh Khas Bandung yang Menggiurkan





YulianaID - Kota Bandung terletak pada 140km disebelah tenggara jakarta. Bandung merupakan destinasi wisata yang cukup digemari, Bandung memiliki sejuta pesona yang membuat wisatawan terpana, banyak wisatawan yang datang saat akhir pekan dan hari libur. Bandung juga memiiliki berbagai tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan, contohnya ada farm house, Great asia afrika, dan juga lembang wonderland.


Kota Bandung

Berkunjung ke kota ini tak lengkap bila tidak membawa buah tangan alias oleh-oleh. Terdapat beberapa pilihan oleh-oleh dari Bandung, mulai dari makanan hingga barang-barang koleksi dan tradisional.

Berikut ini adalah oleh-oleh khas bandung yang bisa dibawa pulang untuk teman atau keluarga dirumah diantaranya adalah sebagai berikut:


Oleh-oleh Khas Bandung

1. Peuyeum Bandung


Oleh-oleh khas Bandung salah satunya adalah peuyeum. Peueyeum adalah  makanan tradisional yang berbahan dasar dari singkong yang difermentasi dengan air dan ragi. Peuyeum ini telah eksis sejak zaman penjajahan dahulu. Saat ini produksi peuyeum semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Untuk membeli peuyeum bandung ini, wisatawan dapat mencari di pusat oleh-oleh di Bandung.

2. Cireng


Cireng merupakan makanan yang berasal dari Bandung. Biasanya makanan ini hanya polosan saja alias aci digoreng, seperti namanya, Namun seiring berjalannya waktu, cireng semakin berkembang lagi dengan berbagai varian rasa. Memiliki kepanjangan “aci digoreng”, makanan ini terbuat dari adonan dengan bahan dasar tepung kanji, lalu digoreng. Jika kita sering kali membeli jajanan gorengan dipinggiran jalan, tentu tidak asing lagi dengan nama makanan yang satu ini, yaitu cireng. 

3. Seblak


Oleh-oleh berikutnya adalah seblak merupakan makanan yang seringkali terdengar ditelinga, bahkan terdapat baragam gerai di sekililing kita. Namun jika ingin merasakan rasa asli dari seblak datanglah ke bandung. Rasanya yang pedas dan gurih, dilengkapi dengan topping lainnya, menjadi keunggulan makanan ini, makanan ini mudah sekali ditemukan di kota-kota lain diluar Bandung. 

4. Batagor Khas bandung


Batagor memiliki adonan yang berbahan dasar yang terbuat dari ikan tenggiri. Batagor adalah makanan yang berasal dari bandung ini memiliki kepanjangan yaitu bakso tahu goreng.  Untuk harga satu porsi batagor biasanya disajikan dengan bumbu kacang, kecap, sambal, dan juga jeruk limau. Para pengunjung  dapat membeli batagor sebagai oleh-oleh dibeberapa gerai-gerai batagor lainnya  dan dapat juga ditemukan diberbagai pusat oleh-oleh di Bandung.

5. Brownis Panggang

Sejauh ini primarasa telah memiliki 8 cabang dibandung. Untuk harganya, brownis panggang yang dijajakan di primarasa ini berkisar antara Rp.43.000 – Rp. 90.000 tergantung pada varian brownis panggangnya. Brownis panggang merupakan salah satu kudapan lainnya yang terkenal menjadi oleh-oleh dari bandung. Brownis panggang bisa ditemukan di toko kue primarasa dan juga kartika sari. 

6. Pisang Bolen

Biasanya para wisatawan dapat menemukan kudapan ini di toko ternama. Seperti kartika sari. Pengunjung juga dapat memesan pisang bolen ini, tak hanya bisa membelinya melalui tokonya, Tetapi juga bisa melalui marketplace dan juga melalui jasa layanan antar makanan online. Pisang bolen merupakan salah satu makanan oleh-oleh khas bandung. Pisang bolen merupakan kombinasi dari pisang dengan toping cokelat atau keju dan rasa lainnya. Kemudian dibalut degan kulit pastry. 

7. Perkedel bondon

Prekedel ini memiliki rasa yang khas dan berbeda. Perkedel ini berlokasi di jalan stasiun timur No. 26, Kebon jeruk, Kecamatan andir, Kota bandung. Untuk jam operasionalnnya buka mulai dari pukul 10.30- 02.00 WIB. Prekedel bondon merupakan perkedel yang terkenal didaerah bandung. Perkedel ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadikan prekedel ini laku dan terkenal. 


8. Oncom



Oncom juga merupakan isian makanan yang bernama combro yang ditambahkan dengan daun kemangi atau daun bawang.Oncom merupakan produk olahan dari kacang yang difermentasi. Biasanya oncom ini digunakan untuk membuat masakan lezat. 

9. Kripik Maicih

Bagi yang menyukai makanan pedas, jangan lewatkan cemilan pedas yang satu ini, diantaranya adalah kripik singkong pedas, seblak, gurilem, dan basreng alias baso goreng.

10. Tas dan Sepatu Cibaduyut

Belanja sepatu di cibaduyut sudah bagaikan tradisi yang turun temurun, sebab barang-barang yang diproduksi terbilang memiliki kualitas yang bagus, bahkan beberapa produsen melakukan ekspor ke berbagai tempat. Tak hanya menjual tas dan sepatu saja, daerah cibaduyut ini juga menjual berbagai produk lainnya seperti dompet, ikat pinggang, sandal, dan beragam aksesoris lainnya. Kawasan cibaduyut menjadi tempat yang cukup dikenal sebagai daerah yang menjual produk- produk lokal berupa fashion, seperti sepatu dan tas. 

11. Wayang golek

Wayang golek merupakan salah satu jenis wayang yang ada di indonesia, dikutip dari Kompas.com (06/01/2022) wayang ini berasal dari pasundan Jawa barat. Wayang ini berupa boneka yang terbuat dari kayu, kulit dan sebagainya. Memiliki fungsi sebagai hiburan dan pelengkap upacara ritual, wayang golek juga bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh. Kompas.com (15/09/2021) memeberitakan, biasanya untuk kerajinan tangan tradisional, seperti wayang golek ini dapat ditemukan di jalan Haji Akbar nomor 10, Pasar kaliki, cicendo, kota bandung, bukanya pukul 08.00-16.00 WIB.

12. Angklung

Angklung merupakan alat musik multitonal yang berkembang dari masyarakat sunda. Jika ingin mengenal lebih jauh tentag allat muusik angklung ini bisa berkunjung ke saung udjo. Di saung angklung udjo, pengunjung bisa belajar memainkan angklung hingga membeli cinderamata. Saung angklung udjo ini juga menjual berbagai macam cendera mata, Saung angklung udjo ini memiliki toko cinderamata yang menjual berbagai macam kerajinan tangan seperti gantugan kunci angklung, angklung akrilik, angklung bambu, hingga pajangan gamelan. Angklung merupakan alat musik khas jawa barat yang terbuat dari bambu dengan cara bermainnya di goyang-goyangkan.

13. Batik khas jawa barat

Dikutip dari laman kemendikbud, Jawa barat juga memiliki beragam jenis batik yang memiliki ciri khas dan motif yang unik. Salah satu yang terkenal adalah batik megamendung dari cirebon. Batik megamendung ini memiliki motif meyerupai awan dilangit yang biru. Selain itu jawa barat juga memiliki batik llainnya, seperti batik ganasan asal kabupaten subang dan batik kujang kijang dari bogor. Dibandung, terdapat salah satu toko batik yang dapat dikunjungi, yaitu rumah batik komar. Rumah batik ini memiiki sekitar 10.000 sketsa batik yang dapat dilihat dalam bentuk fisiknya dan juga digital. Selain itu batik komar juga memiliki sekitar 150 desain motif batik yang sudah mendapat sertifikat hak cipta dari kementrian hukum dan HAM. Kemudian ada juga koleksi cap batik yang berupa ragam hias batik seluruh indonesia. Untuk koleksi cap batik ini mencapai 4.000 desain.

14. Mainan tradisional

Dikutip dari kompas.com (25/07/2022) gasing merupakan mainan tradisional indonesia yang bisa ditemukan diberbagai daerah. Warga daerah jawa barat menyebutnya sebagai gasing atau panggal. Disepanjang jalan cihampelas walk, dipenuhi dengan para pedagang oleh-oleh. Mulai dari jajanan, tas, sepatu, pakaian, aksesoris, hingga mainan tradisional. Salah satunya adalah mainan tradisional yang bisa ditemukan dikawasan tersebut adalah gasing. Mainan ini menjadi mainan yang cukup dapat membuat seseorang menjadi nostalgia akan masa kecilnya. 

Posting Komentar

0 Komentar