14 Obat alami selangkangan gatal

 


YulianaID – Bagi anda yang pernah mengalami salah satu masalah kesehatan yaitu rasa gatal pada selangkangan dan hal seperti ini dirasa wajar, seperti hal nya pada saat adanya reaksi gatal pada anggota tubuh lainnya. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab selangkangan terasa gatal. Seperti diantaranya karena kutu kemaluan, dermatitis kontak, tidak menjaga kebersihan kelamin dengan baik, iritasi. Dari berbagai faktor tadi, penyebab adanya rasa gatal juga diakibatkan oleh agen infeksi seperti diantaranya jamur yang sering disebut juga dengan tinea cruris. Kaum pria memiliki lebih banyak lipatan kulit dipangkal paha sehingga mengakibatkan lebih rentan merasakan gatal pada selangkangannya dibandingkan dengan kaum wanita. Akibat dari adanya gangguan yang menyerang pada anggota tubuh mengakibatkan adanya reaksi pada anggota tubuh lain.

Cara alami sebagai media pengobatan selangkangan gatal

Menurut berbagai info dalam sebagian kasus selangkangan gatal dapat diobati menggunakan berbagai obat alami, seperti ulasan berikut ini :


Aloe Vera

Tahukah anda jika lidah buaya atau aloe vera memiliki berbagai khasiat untuk kulit. Ternyata bahan alami yang satu ini dapat menjadi obat selangkangan yang gatal. Lidah buaya atau aloe vera dapat memberikan efek menenangkan pada kulit yang memberikan rasa sejuk serta memiliki sifat antiseptik. Cara menggunakan lidah buaya pada selangkangan yang gatal adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya 2-3 kali per hari.


Bawang Putih

Salah satu kegunaan bawang putih selain digunakan sebagai bumbu memasak, ternyata bawang putih juga memiliki khasiat lain yaitu ampuh mengobati infeksi pada kulit, diantaranya pada selangkangan yang mengalami infeksi karena gatal. Bawang putih dapat secara efektif dalam melawan kurap, bakteri, jamur dan lainnya. Cobalah obati selangkangan yang gatal menggunakan bawang putih dengan cara potong bawang putih menjadi dua bagian kemudian oleskan pada kulit yang terinfeksi atau anda dapat melakukan dengan cara menghaluskan bawang putih dan ditambahkan dengan minyak zaitun atau bisa juga mencampurnya dengan minyak kelapa kemudian oleskan pada selangkangan yang gatal secara rutin.


Kunyit

Kunyit memiliki kandungan zat kurkumin yang dipercaya memiliki sifat anti-mikroba, jika kunyit digunakan secara rutin dapat mengatasi kurap dan jamur pada kulit, salah satunya apabila terjadinya gatal pada selangkangan. Cara pengobatan menggunakan kunyit adalah dengan cara mencampur sedikit air pada kunyit yang telah dihaluskan atau bisa juga mencampur kunyit yang telah halus dengan minyak esential kemudian oleskan pada selangkangan yang gatal. 


Kompres Menggunakan Es Batu

Saat anda mengalami kondisi gatal pada selangkangan ketika anda berniat untuk memperiksakan ke dokter, ada baiknya anda melakukan pengobatan yang mudah dilakukan dirumah secara alami terlebih dahulu, yaitu melalu media es batu dengan cara mengompres bagian yang gatal menggunakan es batu, salah satu cara menghilangkan gatal pada kulit adalah mengompresnya dengan menggunakan es batu, hal ini dapat meringankan iritasi pada kulit serta dapat mengurangi rasa gatal dan sakit pada kulit.


Lemon

Kandungan yang terdapat pada lemon yaitu dapat digunakan untuk meredakan infeksi pada selangkangan yang gatal dan memiliki sifat anti-mikroba. Cara pengobatan dengan menggunakan media lemon adalah campurkan perasan lemon dan sedikit air kemudian oleskan pada selangkangan yang gatal. Lakukanlah dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Oatmeal

Oatmeal berfungsi dalam melembabkan kulit dan mengurangi peradangan karena oatmeal memiliki sifat humektan. Jika anda ingin mencoba pengobatan untuk selangkangan yang gatal menggunakan oatmeal caranya adalah takaran 1 cangkir oatmeal dicampurkan dengan takaran 1 cangkir garam epsom kemudian ditaburkan dalam bak mandi yang berisi air hangat, kemudian rendam tubuh anda kedalam bak tersebut selama kurang lebih 15 menit untuk mengurangi rasa gatal tersebut.


Cuka Apel

Tahukah anda jika cuka apel dapat mengobati selangkangan yang gatal karena cuka apel memiliki sifat anti jamur. Cara pengobatan menggunakan media cuka apel yaitu dengan mencampurkan setengah cangkir cuka apel kemudian dicampurkan dengan 3 gelas air. Kemudian panaskan hingga suam-suam kuku, kemudian celupkan lap kedalam larutan tersebut kemudian oleskan pada selangkangan yang gatal selama 10 hingga 15 menit.


Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai salah satu media untuk mengobati selangkangan yang gatal, karena baking soda memiliki sifat untuk menyeimbangkan tingkat ph dikulit, cara mengobati rasa gatal pada selangkangan dengan cara membuat pasta baking soda dengan cara mencampurkan baking soda dengan air, kemudian balurkan pada area yang gatal selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.


Daun Mimba

Sebagian masyarakat mungkin sudah ada yang tahu jika daun mimba memiliki sifat anti imflamasi sehingga dipercay ampuh dalam membantu meredakan rasa gatal pada selangkangan. Jika anda ingin mengobati rasa gatal ini dengan menggunakan media daun mimba adalah dengan mencampurnya dengan air. Caranya siapkanlah satu bagian daun mimba dan campurkan 8 gelas air, kemudian rebus hingga menjadi sedikit tersisa. Kemudian saring dan diamkan rebusan tadi menjadi dingin, setelah dingin bisa mengoleskannya ke selagkangan dengan memakai kapas.


Minyak Kelapa

Minyak kelapa berpotensi efektif untuk meredakan gatal yang berhubungan dengan eksim. Minyak kelapa memiliki sifat untuk menghindari kelembaban yang bisa mengatasi rasa gatal. Caranya oleskan minyak kelapa pada selangkangan yang gatal lalu biarkan selama 5 hingga 10 menit.


Madu

Salah satu dari manfat madu adalah merupakan salah satu pengobatan alami ketika mengatasi jamur pada kulit, karena madu mampu melawan infeksi yang mengakibatkan selangkangan gatal dan memiliki sifat anti-jamur. Pengobatan melalui media madu adalah dengan cara satu atau satu setengah sendok madu kemudian dioleskan menggunkan tisue atau kain kasa kemudian sapukan atau tempelkan pada selangkangan yang gatal dan diamkan selama 5 menit, kemudian bersihkan menggunakan air hangat.


Minyak Lavender

Tahukah anda jika kandungan yang ada pada minyak lavender ternyata memiliki sifat fungisida dan fungistatik, karena kandungan sifat ini yang dapat membantu mengurangi infeksi dan juga mengobati rasa gatal pada selangkangan. Cara pengobatan dengan media minyak lavender yaitu ambilah kapas yang sudah ditetesi / beberapa tetes minyak lavender lalu oleskan pada selangkangan yang gatal, ulangi beberapa kali setiap hari, bila memungkinkan lakukan 2-3 kali dalam sehari.


Protelium Jelly

Kandungan yang terdapat pada protelium jelly ternyata ampuh dalam mengobati selangkangan yang gatal karena mengandung prolatum yang memiliki sifat anti mikroba dan juga sebagai pelembab. Jika anda melakukan pengobatan selangkangan gatal menggunakan media protelium jelly anda cukup mengoleskan protelium jelly pada selangkangan yang gatal dan biarkan hingga mengering, lakukan 2-3 kali setiap hari.


Minyak Esensial Oregano

Saat selagkangan gatal anda juga dapat mengatasinya dengan menggunakan minyak esensial oregano yang berguna untuk mengobati infeksi pada kulit, mengobati jamur dan efektif dalam mengobati selangkangan yang gatal. Caranya adalah dengan 3-4 tetes minyak diencerkan dengan minyak kelapa atau jojoba atau minyak yang lainnya lalu oleskan pada selangkangan yang gatal. Lakukan 1-2 kali setiap hari.

Posting Komentar

0 Komentar