Obat Tradisional Badan Lemas




YulianaIDBagi anda yang memiliki keluhan karena badan terasa lemah dan tidak bergairah, ada baiknya agar anda segera bergegas untuk mengobati keluhan anda tersebut. Hal ini supaya tidak menggangu aktifitas sehari- hari dan menghambat perencanaan anda dimasa depan. Untuk mengobati permasalahan rasa lemah letih dan lesu, ada baiknya agar anda tidak mengandalakan obat-obat atau suplemen kimia. Terdapat banyak pilihan makanan dan obat tradisional untuk mengatasi badan lemah yang bisa anda coba disaat kondisi tubuh terasa lemah.

Rasa lemah pada tubuh setiap orang tidak selalu menyertai terjadinya tanda-tanda penyakit yang jelas dan mengganggu kesehatan fisik. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena adanya efek tertentu yaitu diantarnya: terlalu banyak bekerja, stres, atau kurang tidur. Selain itu, rasa lemah pada badan akan terjadi jika anda baru pulih dari sakit. Seperti pilek atau flu dan batuk. Badan Lemah tidak serta merta akibat dari adanya suatu penyakit dalam tubuh tetapi rasa lemas pada badan itu dapat dicegah, untuk mencegah badan lemas, terutama jika itu adalah merupakan akibat dari kondisi medis tertentu yang mendasarinya. Akan tetapi jika dapat mempertahankan gaya hidup sehat membantu mencegah gejala kelemahan yang disebabkan oleh kebiasaan prilaku yang tidak baik. Hal ini juga dapat memperbaiki atau mengurangi beberapa gejala kelemahan yang disebabkan oleh kebiasaan prilaku yang tidak sehat. Hal tersebut juga dapat memperbaiki atau mengurangi beberapa gejala dan menurunkan resiko komplikasi pada tubuh.


Pola Hidup Sehat

Berikut ini adalah info mengenai hal- hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga pola hidup sehat yang bisa anda praktekan dalam kehidupan sehari- hari antara lain:

1. Berolah raga secara teratur

2. Mempertahankan indeks masa tubuh moderat

3. Mengelola stres

4. Tidak merokok

5. Membatasi konsumsi alkohol

6. Diet seimbang

7. Tidur yang cukup dan berkualitas

Jika anda mangalami badan lemas, sebagai pertolongan pertama, anda bisa atasi badan lemas dirumah dengan bahan- bahan alami atau obat- obat tradisional. Lantas apa saja bahan untuk membuat obat tradisional yang bisa dibuat dirumah? Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat obat tradisional dalam mengatasi badan lemas yang bisa digunakan. Berikut ini adalah pembahasannya. 

Didalam dunia medis, badan lemas disebut juga asthenia. Asthenia adalah suatu kondisi ketika tubuh lemas atau kurang energi. Walaupn demikian, hal ini bisa menjadi istilah luas yang menjelaskan banyak penyebab kelemahan atau kelelahan secara umum. Bagi anda yang mengalami kondisi seperti ini, berikut beberapa obat tradisional badan lemas yang bisa dicoba:


Kurma

Kurma merupakan salah satu obat tradisional untuk mengatasi badan lemas yang paling efektif dan mudah didapat untuk menghilangkan rasa lelah. Kurma mengandung mineral, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Caranya Anda dapat merendam 5 buah kurma kedalam setengah cangkir air pada malam hari kemudian hancurkan ampasnya (buang bijinya) pada pagi hari. Kemudian minumlah larutan ini minimal dua kali seminggu untuk menghilangkan rasa lelah. Selain itu, anda juga dapat mencampur kurma yang sudah dihaluskan bersama segelas susu untuk menghilangkan rasa lelah tubuh.


Jahe merah

Obat tradisional selanjutnya yang ampuh digunakan unntuk mengatasi badan lemas adalah jahe merah. Adapun campuran dari ramuan ini adalah : Jahe merah 5cm, kunyit 5cm, kayu manis 4cm, lada hitam 3 biji, Kapulaga 3 biji, serai 1 batang, secang , ketumbar dan madu.

Caranya:

1. Campur semua bahan kecuali madu

2. Rebus dengan air 2 menit pertama lalu matikan

3. Jika sudah hangat baru tambahkan madu


Teh Ginseng

Selama berabad- abad, ginseng sudah dikenal sebagai antioksidan kuat dan obat tradisional untuk mengatasi badan lemas yang ampuh. Rempah khas dari korea ini dapat memberikan anda energi setiap kali anda merasa lemas. Karena sifatnya yang menenangkan, ramuan dari rempah ini juga memiliki efek menenangkan pada saraf sehingga dapat menghilangkan rasa capek. Cara membuat ramuannya adalah:

1. Potong satu akar ginseng menjadi irisan tipis

2. Didihkan 8 irisan ginseng dan tambahkan tiga gelas air selama 15 menit dengan api kecil

3. Saring larutannya, tambahkan sedikit madu dan biarkan hingga dingin

4. Minum 1 hingga 3 cangkir teh ginseng setiap hari, sesuai kebutuhan


Kunyit

Kunyit adalah rempah berwarna kuning yang sangat umum digunakan dalam masakan nusantara yang digunakan sebagai bumbu. Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit merupakan senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh berbagai kondisi tubuh. Termasuk neuropati diabetik dan nyeri pada panggul. Kunyit tersedia dalam bentuk suplemen dan serangkaian teh. Anda juga bisa membeli kunyit dalam bentuk utuh yang segar. Cara mengolah ramuan ini adalah dengan diparut, lalu direbus, saring kemudian minum airnya

Pisang

Pisang adalah buah-buahan yang kaya akan kandungan potasium, elektrolit, dan mineral. kandungan potasium atau kalium berfungsi untuk menetralkan dari fungsi syaraf dan otot tubuh sehingga kondisi badan yang lemas segera teratasi. Kekurangan potasium pada tubuh dapat menyebabkan kelemahan otot dan kelelahan.

Almond

Almond merupakan kacang-kacangan yang mengandung vitamin E yang dapat membanu melawan gejala kelemahan umum pada tubuh dan tetap memberi asupan energi pada tubuh. Selain itu kandungan magnesium dosis tinggi dalam almond berperan dalam mengubah protein, lemak dan karbohidrat menjadi sumber energi. Jika tubuh mengalami kekurangan magnesium ringan dapat menjadi penyebab kelemahan pada beberapa orang. Almon dapat dikonsumsi secara langsung ataupun anda juga dapat membuat minuman segar dan ajaib dari almond. Caranya rendam dua butir almond, dan beberapa kismis dalam air semalaman. Pada pagi hari, sisihkanlah almond dan kismis, lalu minum airnya saja guna menghilangkan rasa lemas pada tubuh.


Makanan Kaya Zat Besi

Salah satu alasan utama untuk merasa stres dan lemah adalah adanya kekurangan zat besi dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengatasi kelelahan. Contoh makanan kaya akan zat besi yang bisa anda konsumsi adalah daging merah, sayuran hijau, dan ikan. Tetapi perlu diingat vitamin C juga diperlukan guna peyerapan zat besi kedalam tubuh.

Telur

Tubuh harus mengonsumsi makanan yang seimbang untuk menghindari kelemahan dan kelelahan. Mengkonsumsi telur kedalam porsi makanan sehari-hari dapat membantu menghilangkan lelah. Karena telur kaya sarat akan nutrisi. Seperti protein, zat besi, biotin, vitamin A, asam folat, riboflavin, dan asam pantotenat. Konsumsilah satu butir telur setiap hari sebagai tambahan nutrisi harian anda. Terdapat beberapa cara untuk mengkonsumsi telur, termasuk direbus dan digoreng atau diolah menjadi omelet dengan tambahan keju, daging dan sayuran sebagai asupan gizi unuk tubuh guna mengatasi kelelahan pada tubuh

Posting Komentar

0 Komentar