Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express


YulianaID - Shopee Express merupakan salah satu jasa pengiriman yang sudah sangat terkenal di aplikasi Shopee. Salah satu keunggulan jasa pengiriman ini adalah harganya yang murah dan terdapat situs online yang memuat update pengiriman barang hingga sampai ke alamat tujuan.

Terkadang, intensitas yang tinggi menggunakan Shopee Express mendorong sebagian orang untuk membutuhkan nomor kurir Shopee agar lebih mudah melakukan koordinasi. Terutama bagi mereka yang sudah berlangganan.

Sebelum masuk ke pembahasan inti, ada baiknya kamu juga mengetahui hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan Shopee Express.


4 Jenis Layanan Shopee Express

Sama seperti jasa pengiriman lainnya, Shopee Express juga menawarkan beberapa pilihan kepada penggunanya. Ada 4 jenis layanan Shopee Express yang dapat kamu pilih, yaitu Shopee Express Standard, Shopee Express Instant, Shopee Express Someday, dan Shopee Express Hemat.

Shopee Express Standard

Shopee Express Standard melayani pengiriman dengan durasi 1-3 hari untuk kota besar di Jawa. Berat maksimal yang diperbolehkan untuk layanan ini adalah maksimal 50 kg (paket luar Jawa) dan maksimal 200 kg (paket dalam Jawa). Tidak ada ketentuan dimensi untuk paket yang menggunakan layanan Shopee Express Standard. 

Untuk penjual, masa pengemasan adalah maksimal 2 hari. Hanya toko terpilih dan toko yang dilayani oleh Shopee yang dapat mengaktifkan layanan Shopee Express Standard. Khusus untuk layanan ini, kurir bekerjasama dengan Wahana dan Shipper untuk pengantaran paket ke counter. Sedangkan untuk paket di luar jangkauan akan dikirim menggunakan SiCepat.

Ada beberapa jenis paket yang dilarang menggunakan Shopee Express Standard. Apa saja?

- Makhluk hidup yang diawetkan

- Barang berharga seperti uang dan surat berharga (cek, giro, obligasi, sertifikat, saham, dan surat berharga lain)

- Barang terlarang seperti narkoba, senjata, tiket lotre, perjudian, dan barang yang mudah meledak

- Barang yang termasuk ke dalam kategori berbahaya, beracun, minuman beralkohol, serta barang lain yang mudah meledak dan terbakar

- Barang dalam bentuk cair kecuali yang sudah dikemas dengan baik dan melampirkan Material Safety Data Sheet serta surat pernyataan barang berbahaya dari penjual

- Barang yang bertentangan dengan hukum seperti buku, majalah, dan film porno atau barang yang sedang dalam pengawasan oleh pemerintah

Shopee Express Instant

Layanan ini adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin paket cepat sampai hanya dalam hitungan jam, yaitu 3 jam setelah paket diterima oleh kurir. Barang-barang yang mudah rusak juga disarankan untuk menggunakan layanan ini untuk meminimalisir kerusakan.

Hanya saja, ada ketentuan berat maksimal dan dimensi yang diperbolehkan menggunakan layanan ini, yaitu paket dengan maksimal 20 kg dengan dimensi maksimal 50x50x50 cm. Penjual diberikan waktu pengemasan maksimal 1 hari. Dan hanya toko terpilih yang dapat menggunakan Shopee Express Instant. Sedangkan untuk kurir yang digunakan adalah kurir dari Shopee Express itu sendiri.

Shopee Express Instant juga melayani pengiriman hewan yang diperbolehkan untuk diperjualbelikan. Namun, hewan yang dikirimkan harus berukuran kecil dan tidak berbahaya seperti tidak berbisa dan beracun. Sedangkan untuk klaim ganti rugi kerusakan atau kehilangan tidak berlaku untuk pengiriman hewan.

Shopee Express Someday

Selain layanan instant, Shopee juga menawarkan layanan Someday. Paket yang menggunakan layanan pengiriman Someday akan sampai 24 jam setelah paket diterima oleh kurir. Berat maksimal paket yang diperbolehkan adalah 7 kg dan penjual diberikan waktu 1 hari untuk mengemas paket.

Penjual yang dapat menggunakan layanan ini adalah penjual terpilih dan yang mengikuti layanan dikelola oleh Shopee. Kurir yang bertugas adalah kurir dari Shopee Express.

Shopee Express Hemat

Pilihan yang tepat buat kamu yang ingin mengirimkan paket dengan berat minimal 50 kg karena harganya yang terjangkau. Akan tetapi, masa pengiriman layanan Shopee Express Hemat lebih lama dibanding dengan layanan Shopee lainnya, yaitu mulai 2 sampai 14 hari.

Kelebihan lainnya, tidak ada aturan dimensi maksimal agar bisa menggunakan layanan Shopee Express Hemat. Harga yang terhitung juga lebih murah daripada menggunakan layanan standard, instant, atau pun someday. Toko yang dapat menggunakan layanan Shopee Express Hemat adalah hanya toko terpilih.

Shopee menawarkan dua metode pengiriman yaitu Drop Off atau mengirimkan paket ke konter terdekat. Atau Pick Up yaitu layanan penjemputan paket oleh kurir Shopee Express. Perlu dicatat bahwa layanan pick up tidak ada minimal jumlah paket yang dikirimkan dan tidak dipungut biaya sepeser pun.


Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express

Selanjutnya, bagaimana cara mengetahui nomor kurir Shopee yang mengirim paket kita? Setidaknya, ada 4 cara yang bisa kamu lakukan.

Melalui Aplikasi Shopee

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah melakukan chat melalui aplikasi Shopee. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk trik pertama ini. Namun, harus tetap terhubung ke jaringan internet. Berikut cara mengetahui nomor kurir Shopee Express jika melalui aplikasi Shopee.

1. Pertama, buka aplikasi Shopee yang ada di HP kamu, lalu pilih “ Saya” di pojok bawah

2. Kemudian, pilih “Chat dengan Shopee

3. Tunggu antrian Live Chat, lalu kamu akan terhubung dengan Agen Shopee yang sedang bertugas

4. Kamu bisa langsung menanyakan keberadaan paketmu beserta nomor kurir atau kontak agen terdekat

5. Biasanya, kamu akan dimintai data seperti nomor pemesanan. Siapkan dulu sebelum kamu melakukan Live Chat bersama Agen Shopee

6. Selesai

Email Customer Service

Cara kedua yang dapat kamu coba adalah menghubungi pihak Shopee melalui email resmi Shopee di support@shopee.co.id. Kamu perlu menyiapkan beberapa data, seperti nomor HP yang bisa dihubungi, nomor resi, username, dan keluhan.

Tunggu beberapa saat sampai Shopee membalas email kamu.

Menghubungi Call Center Shopee

Untuk cara yang ketiga ini, kamu membutuhkan pulsa untuk menghubungi nomor Call Center Shopee. Caranya, cukup menghubungi nomor 021 39500300. Kamu akan terhubung langsung dengan Agen Shopee. Sampaikan kendala yang sedang kamu alami dan minta nomor kurir yang bertugas membawa paketmu.

Service Point Shopee Express

Cara terakhir yang dapat kamu coba adalah berkunjung langsung ke Service Point Shopee Express terdekat. Untuk mengetahui Service Point mana yang paling dekat dengan tempat tinggalmu, buka saja website Shopee https://spx.co.id/service-point. Kemudian, masukkan nama kota alamat tempat tinggalmu.

Setelah menemukan Service Point terdekat, kamu dapat menghubungi via Whatsapp atau datang langsung ke kantor. Hal-hal yang perlu kamu tanyakan adalah kendala pengiriman yang tidak kunjung sampai, tanyakan juga apakah paket sudah sampai di Service Point, jika sudah dibawa oleh kurir kamu juga dapat meminta nomor kurir yang bertugas.

Demikianlah 4 cara mudah untuk mengetahui nomor kurir Shopee Express. Jika kamu sudah berlangganan menggunakan jasa kirim Shopee Express, kamu dapat meminta nomor Whatsapp ke kurirnya langsung untuk kemudahan transaksi.

Posting Komentar

0 Komentar