Percobaan Pengiriman Paket Oleh Kurir Shopee Express



YulianaID - Apa maksud dari percobaan pengiriman paket oleh kurir Shopee Express?

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi, banyak yang kini beralih ke pembelian secara online melalui marketplace atau media sosial tertentu. Salah satu keunggulan dari pembelian secara online ini adalah tidak harus keluar rumah, mulai dari pemilihan barang, pemesanan, hingga pengiriman.

Dalam hal pengecekan barang yang sudah dibeli, penyedia layanan biasanya memberikan keterangan saat melacak pengiriman, salah satunya adalah percobaan pengiriman paket oleh kurir. Kamu yang hobi berbelanja online pasti sudah tidak asing lagi dengan keterangan yang satu ini.


Proses Pengiriman Paket

Akan tetapi, bagi sebagian orang yang baru pertama kali membeli barang secara online, keterangan semacam ini mungkin akan sulit untuk dipahami. Terlebih lagi rasa was-was kalau paket tak kunjung datang setelah beberapa hari.

Nah, untuk kamu yang sedang bingung, di sini akan dijelaskan secara detail tahapan proses pengiriman paket oleh kurir hingga penjelasan detailnya. 

DC

Pengertian dari DC adalah gudang pusat sortir untuk Shopee Express. Artinya, paket kamu sedang berada di gudang pusat dan sedang dilakukan penyortiran bersama dengan paket yang lain.

First Mile Hub

Keterangan ini akan muncul ketika penjual sudah menyerahkan paket ke gudang Shopee Express yang menerima paket tersebut. Biasanya penjual akan memilih lokasi yang paling dekat seperti agen Shopee Express.

Paket Telah Diterima Pick up Hub

Keterangan ini menunjukkan bahwa paket kamu sudah dibawa kurir untuk diantarkan ke gudang.

Hub

Berbeda dengan First Mile Hub di mana paket kamu pertama kali diterima di gudang, Hub sedang menunjukkan bahwa paketmu sedang transit di gudang-gudang yang dilewati dari lokasi penjual hingga ke tempat pembeli.

Paket Anda Telah Tiba di Hub Transit (Parcel has Arrived at Transit Station)

Menandakan bahwa paket sudah berada di gudang Shopee Express.

Paket Anda dalam Proses Pengembalian ke Pusat Sortir

Keterangan ini biasanya menandakan adanya kesalahan sortir sehingga harus disortir ulang di pusat sortir Shopee Express.

Paket Telah Diterima Pusat Sortir (Your Parcel has been Received by Sorting Center)

Barang kamu sudah ada di gudang sortir dan akan segera dikirimkan ke kota tujuan.

Paket Anda dalam Proses Pengembalian ke Penjual

Keterangan ini tidak selalu muncul di setiap pembelian barang secara online melalui Shopee Express. Karena, keterangan tersebut hanya untuk pembeli yang melakukan retur barang ke penjual karena sebab tertentu, seperti salah warna, ukuran, atau kuantitas.

Paket Anda Telah Diambil dari Penjual

Paket sudah diambil oleh kurir untuk kemudian diantar ke gudang Shopee Express terdekat.

Paket Anda Telah Dikembalikan ke Penjual

Keterangan ini mengartikan bahwa paket yang kamu returkan sudah diterima oleh penjual.

Paket Anda Telah Diterima (Received)

Paket yang dikirimkan sudah dikirim dan diterima oleh pembeli di alamat yang dimaksud. Biasanya juga tercantum nama penerimanya.

Paket Dalam Perjalanan ke Kota (Parcel is being Transported to)

Jika paket yang dibeli berasal dari kota yang berbeda, kamu akan menjumpai keterangan ini. maksudnya adalah paket dari kota penjual sedang dalam perjalanan ke kota pembeli.

Paket Sedang Dikirim oleh Kurir (Parcel is being Delivered by Courier)

Paket untukmu sedang diantarkan oleh kurir Shopee Express ke alamat tujuanmu.

Percobaan Pengiriman Paket Anda Gagal (Your Parcel is on Hold)

Menandakan bahwa paket yang seharusnya diantarkan ke lokasi pembeli gagal untuk dilakukan.

Nah bagaimana jika kamu mendapatkan pemberitahuan percobaan pengiriman paket oleh kurir Shopee Express?


Percobaan Pengiriman Paket Oleh Kurir Gagal

Jangan cemas, karena di bawah ini menawarkan beberapa solusi untuk kamu yang mendapatkan pemberitahuan percobaan pengiriman paket anda gagal oleh Shopee Express. Ada beberapa hal yang menyebabkan paket kamu gagal untuk dikirimkan. Berikut penjelasan dan solusinya!

Alamat dan Nomor Telepon Kurang Lengkap

Alasan pertama mengapa paket kamu gagal untuk dikirim adalah karena alamat yang kamu tulis kurang lengkap. Sehingga kurir kesulitan untuk mencari alamat rumah kamu. Atau, ketika kurir kesulitan menghubungi karena nomor telepon yang tidak aktif atau salah.

Solusinya, hubungi saja Call Center Shopee Express untuk menanyakan keberadaan paket yang tak kunjung datang. Ada dua cara yang bisa kamu coba untuk menghubungi Call Center Shopee Express. Pertama, melalui nomor 021-1500702. Atau, kamu juga dapat memanfaatkan fitur chat yang ada pada aplikasi Shopee.

Sebagai informasi, kurir akan melakukan percobaan pengiriman sebanyak 3 kali. Jika pengiriman tetap gagal dilakukan, maka paket akan dikembalikan ke hub terdekat.

Overload

Di momen-momen tertentu seperti hari raya Idul Fitri atau tahun baru, ekspedisi sering mengalami overload yang berimbas pada lamanya pengiriman paket. Tak jarang paket yang sudah dibawah oleh kurir terpaksa dibawa kembali karena banyaknya pengiriman yang harus diantarkan.

Solusinya, kamu bisa menunggu paketmu sehari kemudian atau hubungi Call Center untuk mengambilnya ke gudang terdekat.

Di Atas Jam Kerja

Penyebab gagalnya paket dikirimkan yang terakhir adalah karena jam kerja yang sudah habis sedangkan paket masih terbawa oleh kurir. Hal ini bisa saja terjadi jika kurir belum berpengalaman dengan lokasi yang baru atau karena ada kendala selama perjalanan seperti cuaca.

Solusinya, kamu bisa menunggunya esok hari di jam kerja. Jika tetap tidak dikirim, kamu dapat menghubungi Call Center untuk mendapatkan solusi terbaik.


Layanan Pengiriman Shopee Express

Shopee Express merupakan salah satu ekspedisi yang banyak digunakan karena harga pengirimannya yang relatif terjangkau dibanding ekspedisi lainnya. Selain itu, Shopee Express juga menawarkan banyak pilihan pengiriman paket. Apa saja? 

Shopee Express Standard

Paket pengiriman ini bekerja sama dengan ekspedisi lain yaitu Wahana dan SiCepat. Bobot maksimal paket yang bisa dikirimkan menggunakan Shopee Express Standard adalah 200 kg. Estimasi pengirimannya pun terbilang cepat, yakni 1-3 hari saja.

Shopee Express Someday

Jenis layanan ini dapat kamu manfaatkan untuk pengiriman paket yang urgent. Karena, dengan Shopee Express Someday, paket akan diterima pembeli maksimal 24 jam setelah barang dikirim. Sayangnya, bobot maksimal paket hanya 7 kg dan harganya yang jauh lebih mahal daripada jenis layanan Shopee Express Standard. Jenis layanan ini juga hanya beroperasi di wilayah Jakarta saja.

Shopee Express Instant

Jika paket yang dikirimkan melebihi 7 kg dan kamu ingin proses pengiriman yang lebih cepat, kamu dapat memanfaatkan layanan yang satu ini. pasalnya, paket dapat dikirimkan secara kilat maksimal 3 jam saja setelah barang dipick up. Sayangnya, layanan jenis ini masih berlaku untuk daerah Jakarta saja. Harganya pun terbilang mahal.

Nah, itu dia informasi lengkap mengenai pecobaan pengiriman paket oleh kurir oleh Shopee Express beserta informasi lengkap lainnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang baru pertama kali melakukan pembelian secara online.

Posting Komentar

0 Komentar