Ini Dia Manfaat Kopi Untuk Kesehatan, Para Pecinta Kopi Auto Senang Nih

YulianaID Untuk anda para pecinta kopi termasuk saya, tentu ingin tahu manfaat yang bisa diperoleh dari kopi bagi kesehatan dan juga ginjal. Banyaknya anggapan bahwa kopi dapat memberikan efek tertentu pada ginjal. Dalam jurnal Planta Medics, para peneliti telah meneliti manfaat setelah minum kopi pada kondisi seperti diabetes, penyakit radang usus, penyakit kardiovaskular, dan penyakit pada hati.

Kandungan yang terdapat pada kopi yaitu berupa nutrisi bermanfaat, seperti di antaranya adalah riboflavin (vitamin B-2), niasin (vitamin B-3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan. Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa manfaat yang didapat dari nutrisi tadi dapat bermanfaat bagi tubuh manusia, melalui pengolahan dengan berbagai cara. Setelah meminum kopi, ampasnya jangan dibuang dulu ya, berikut manfaat dari ampas kopi

Menurut mitos yang beredar, kopi tidak baik untuk kesehatan ginjal. Ketika orang mengetahui bahwa mereka memiliki penyakit ginjal dan harus melakukan perubahan pola makan, salah satu pertanyaan pertama yang mereka tanyakan adalah: "apakah saya harus berhenti minum kopi?" Jawaban utamanya adalah tidak. Karena kopi tidak menyebabkan efek buruk untuk para pecinta kopi yang menderita penyakit ginjal. Walaupun banyak yang beranggapan bahwa dengan seringnya mengonsumsi kopi dapat memberikan dampak tertentu pada ginjal. 


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Terdapat berbagai manfaat yang diperoleh dari kopi untuk ginjal seperti diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Dapat Menekan Resiko Kematian

Menurut salah satu info mengenai manfaat yang dapat diperoleh dari kopi untuk ginjal yang membuatnya direkomendasikan dokter untuk pasien yang menderita penyakit ginjal kronis .Menurut sebuah penelitian terbaru dalam Nephrology Dialysis Transplantation mengenai ginjal dan kopi, dengan mengonsumsi lebih banyak kafein dapat menekan resiko kematian untuk pasien penyakit ginjal. Karena kafein telah diketahui meningkatkan fungsi pembuluh darah. Menurut penelitian kenaikan asupan kafein setiap hari dapat menurunkan kemungkinan kematian. Bahwa asupan kafein yang lebih besar dikaitkan dengan harapan hidup yang lebih besar bagi orang dengan penyakit ginjal kronis.


2. Dapat Merangsang Ginjal Untuk Mengeluarkan Cairan

Kopi kaya akan oksalat, senyawa yang berikatan dengan kalsium dalam darah untuk membuat kalsium oksalat, komponen utama batu ginjal. Menurut sebuah penelitian dalam Institute of Medicine Amerika Serikat, orang-orang dengan riwayat penyakit ginjal mengalami peningkatan kadar kalsium dalam urin mereka setelah minum 2 cangkir kopi setiap hari. "Kopi merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak cairan, sehingga membuat penderita penyakit ginjal akan lebih sering buang air kecil. "lni karena kafein mengganggu cara cairan diserap kembali ke dalam darah," kata Profesor Chris Eden, konsultan urologis di Royal Surrey County Hospital di Guildford.


3. Dipercaya Sebagai Tambahan Energi

Menurut berbagai sumber, apabila anda minum kopi, kandungan kafein yang terdapat pada kopi akan diserap oleh aliran darah sehingga kemudian berjalan ke otak. Pada otak, kafein memblokir neurotransmitter penghambat. Ketika hal ini terjadi, jumlah neurotransmiter lain, seperti norepinefrin dan hormon dopamin meningkat yang mengarah pada peningkatan penembakan neuron. Selain itu, banyak penelitian yang menemukan bahwa kopi juga dapat meningkatkan berbagai aspek mengenai fungsi otak. Seperti misalnya, memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi, dan juga fungsi mental secara umum.


4. Dengan Minum Kopi Mendapatkan Rasa Bahagia

Dilansir dari salah satu studi dari beberapa tahun yang lalu diyakini banyak dari kita secara intuitif: manfaat kopi adalah merupakan minuman yang memberikan kebahagiaan. Dikutip Alpha Galileo, telah ditemukan bahwa dengan minum kopi terkait adanya emosi positif, seperti diantaranya kesenangan, kebaikan, kepuasan, persahabatan, kasih sayang, ketenangan, dan kebahagiaan. Sebuah temuan juga mencatat bahwa tidak ada emosi negatif yang terkait dengan konsumsi kopi. 


5. Dapat Meningkatkan Kondisi Fisik

Kopi juga meningkatkan kadar adrenalin (epinefrin) dalam darah, yaitu hormon fight-or-flight untuk mempersiapkan tubuh melakukan aktifitas fisik. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat merangsang sistem saraf sehingga memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh, sehingga asam lemak bebas tersedia sebagai bahan bakar. Menurut penelitian dari International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12%. Oleh sebab itu, banyak ahli yang menyarankan untuk tidak meminum kopi sebelum tidur karena dapat membuat anda tetap terjaga semalaman. Sebaiknya konsumsi kopi sebelum melakukan aktifitas olahraga dengan lebih semangat dan menghasilkan peningkatan kekuatan daya tahan otot yang lebih baik.


6. Kopi Mengandung Senyawa Antioksidan

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari kopi adalah kaya akan antioksidan. Salah satu penelitian dalam jurnal The Journal of Nutrition, menemukan manfaat kopi sebagai kontributor terbesar sebagai asupan antioksidan. Hal ini mungkin terjadi karena 65% orang dewasa Amerika mengatakan bahwa mereka minum kopi. Sementara hanya satu dari 10 orang yang mengonsumsi minimal 5 porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari. Walaupun demikian, antioksidan yang terdapat dalam kopi telah dikaitkan dengan perlindungan kesehatan. Asam klorogenat, polifenol yang melimpah dalam kopi telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan perlindungan terhadap penyakit kronis, termasuk obesitas. Selain dari itu, sebagai informasi buah kopi juga dapat dijadikan kompos, atau dikeringkan kemudian diseduh sebagai teh.


7. Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Manfaat lain yang terkandung dalam kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe2. Para peneliti menemukan bahwa peluang terkena penyakit ini dapat menurun sebesar 6% untuk setiap cangkir setiap hari. Para ilmuwan mengatakan kemungkinan yang menjadi alasannya termasuk efek antioksidan serta anti inflamasi kopi yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan pembakaran kalori, dan berdampak pada kandungan dan keragaman. Hal ini disebutkan dalam sebuah studi meta-analisis pada tahun 2018 dari 30 penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Reviews.


8. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Mengutip dari Hopkins Medicine, manfaat dari kopi yang mengandung kafein dapat memberikan perlindungan terhadap perkembangan kondisi Alzheimer. Caranya dengan minum dua cangkir kopi. Faktanya, para peneliti menemukan bahwa wanita yang berusia 65 tahun ke atas dan mengkonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi sehari lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia secara umum. Orang Amerika yang hidup dengan penyakit Alzheimer adalah kaum wanita.


9. Kopi Dapat Mencegah Penyakit Parkinson

Salah satu manfaat lain yang diperoleh dari kopi adalah dapat mencegah penyakit parkinson. Penyakit Parkinson adalah suatu kondisi neurodegeneratif kedua yang paling umum, selain Alzheimer. Penyakit ini disebabkan oleh kematian neuron penghasil dopamin di otak. Sama halnya seperti dengan Alzheimer, tidak ada obat yang diketahui untuk mengatasi penyakit Parkinson. Dengan belum ditemukannya obat dari penyakit ini, maka hal yang perlu dilakukan oleh setiap orang adalah perlu melakukan tindakan pencegahan. Sebuah tindakan tersebut salah satunya adalah dengan minum kopi. Dikutip dari sebuah studi dari Healthline jika seseorang peminum kopi memiliki resiko penyakit parkinson yang jauh lebih rendah.

Posting Komentar

0 Komentar