Penyebab Timbulnya Flek Hitam Diwajah dan Tips Mengatasinya

YulianaID – Setiap perempuan tentunya ingin memiliki kulit wajah yang bersih, cerah, dan juga sehat. Dengan semakin bertambahnya usia dan padatnya rutinitas aktivitas, kulit sangat rentan mengalami permasalahan seperti diantaranya masalah kulit kusam, timbulnya noda hitam, timbulnya jerawat, hingga masalah tampilan kulit yang tidak rata.

Mengetahui betapa pentingnya fungsi kulit, tampilan kulit dapat mencerminkan kondisi kesehatan tubuh anda. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah dapat dilakukan dengan melakukan perawatan kulit secara sederhana di rumah. Tetapi sayangnya tidak semua orang memahami pentingnya tips merawat wajah dengan benar.

Merawat kulit wajah degan cara yang benar, sebenarnya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Dengan memiliki kondisi kulit wajah yang bersih, awet muda, dan juga cerah berseri, anda dapat tampil lebih menawan dan tentunya menjadi lebih percaya diri. Merawat kulit wajah dengan cara yang benar dapat mencegah timbulnya berbagai permasalahan kulit wajah, seperti diantaranya kondisi kulit kusam, kulit berjerawat, noda hitam, keriput dan garis halus.

Perawatan wajah yang baik tidak perlu sampai menggelontorkan banyak uang untuk membeli krim wajah yang mahal atau skincare mahal . Penampilan dan kondisi kulit wajah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti diantaranya pertambahan usia, lingkungan, kondisi medis tertentu. Salah satu permasalahan kulit yang sering menjadi keluhan kaum hawa ini tidak lepas dari timbulnya flek hitam yang memang sering muncul pada area wajah. Walaupun sebenarnya kondisi flek hitam dapat muncul pada kulit lengan, dada dan leher. Fleckles atau bintik-bintik hitam kecil merupakan sebagai tanda awal munculnya flek hitam. Penyebab timbulnya flek hitam di wajah yang paling umum adalah akibat paparan sinar matahari atau sinar ultrviolet yang akan membuat produksi hormon melanin kulit meningkat. Akibat dari hal tersebut sehingga menjadi penyebab flek hitam di wajah dan munculnya bintik-bintik hitam.

Kondisi bintik-bintik hitam ini akan semakin jelas terlihat apabila terjadi adanya penumpukan hormon melanin. Hormon melanin merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak penumpukan melanin pada kulit wajah, maka akan semakin gelap pula kulit wajah nantinya. Flek hitam yang menyebar ini dimulai dari tulang hidung dan pipi. Walaupun demikian, Hal-hal yang menjadi penyebab flek hitam di wajah tidak hanya efek dari sinar matahari tetapi masih ada banyak sekali. 


Penyebab Timbulnya Flek Hitam Diwajah

Adapun beberapa faktor penyebab timblnya flek hitam pada wajah adalah:

1. Usia

Bertambahnya usia merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya flek hitam diwajah. Seseorang yang sudah berusia lanjut pasti akan lebih rentan mengalaminya. Hal ini karena pada fase usia ini, kulit wajah akan kehilangan elastisitasnya. Kondisi ini membuat kulit lebih rentan terhadap bintik-bintik gelap dan sel-sel kulit yang rusak. Lentigine merupak sebutan untuk flek hitam yang timbul karena usia. Lakukanlah beberapa pencegahan dengan menggunakan krim anti-penuaan sejak usisa tiga puluhan agar elastisitas kulit terjaga. 


2. Genetik

Sebuah kondisi pigmentasi kulit bisa menjadi penyebab timbulnya flek hitam diwajah. Flek hitam ini umum dijumpai pada seseorang dari keturunan hispanik dan berukulit gelap. Walaupun sebenarnya flek hitam ini lebih sering dialami oleh orang dengan warna kulit putih.


3. Kekurangan Vitamin

Penyebab lain yang menimbulkan flek hitam diwajah bisa juga disebabkan karena kondisi tubuh mengalami kekurangan vitamin. Karena vitamin merupakan salah satu asupan penting yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kurangnya asupan vitamin akan membuat flek hitam pada wajah menjadi lebih sering muncul. Agar dapat menghindari timbulnya flek hitam, penuhi vitamin E, vitamin K, dan vitamin B12 melalui makanan ataupun suplemen


4. Sinar Matahari

Faktor lain yang menjadi penyebab timbulnya flek hitam adalah sinar matahari yang menjadi penyebab flek hitam di wajah yang paling umum terjadi. Sehingga resiko timbulnya flek hitam diwajah akah lebih besar bagi yang banyak memiliki kegiatan diluar ruangan. Kondisi seperti ini dapat dicegah dengan memberikan perlindungan pada kulit wajah sebelum melakuan aktiftas kegiatan. Resiko yang timbul dari flek hitam karena pengaruh sinar matahari ini tidak memandang usia. Oleh sebab itu, perhatikan perlindungan kulit wajah agar terhindar dari timbulnya flek hitam


5. Hormon

Faktor lain yang menjadi penyebab timbulnya flek hitam di wajah adalah kondisi hormon yang tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang ini biasanya terjadi pada hormon progesteron, esterogen dan juga melanin simulating. Hal seperti ini sering dialami oleh wanita hamil. Timbulnya flek hitam ini akan muncul pada usia trismester ketiga kehamilan


6. Peradangan

Salah satu faktor lain yang menjadi penyebab flek hitam diwajah adalah adanya peradangan. Kondisi peradangan ini dapat disebabkan karena jerawat eksim dan reaksi alergi yang dapat menyisakan bintik hitam. Saat peradangan sembuh, kulit secara alami akan menghasilkan kelebihan melanin yang mengakibatkan gelapnya warna kulit sehingga menjadi flek hitam. Kondisi semakin buruk peradangan maka akan semakin besar dan semakin gelap bintik hitam yang dihasilkan


7. Kosmetik/ Makeup

Faktor lain yang menjadi penyebab timbulnya flek hitam diwajah adalah bahan kandungan dari kosmetik atau produk kecantikan tertentu. Karena terdapat bahan kimia dalam kosmetik. Bahan kimia ini dapat memicu melanocyte atau terjadinya produksi melanin berlebihan. Kondisi kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari meskipun ketika berada didalam ruangan seharian.


Kiat/ Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

1. Crysurgery

Crysurgery merupakan sebuah prosedur untuk menghiilangkan flek hitam dengan menggunakan cairan nitrogen bersuhu rendah. Hal ini dilakukan untuk membekukan dan menghancurkn sel kulit bermasalah, seperti flek hitam. Prosedur ini cukup aman dan waktu pemulihannya juga singkat. Walaupun demikian, tidak semua jenis flek hitam bisa ditangani menggunakan cara ini.


2. Tabir Surya (Sunblock)

Salah satu cara agar kulit terlindugi dari paparan sinar ultraviolet, gunakanlah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih ketika beraktivitas di luar ruangan.


3. Terapi Laser

Salah satu cara menghilangkan flek hitam adalah dengan terapi laser dilakukan degan memancarkan sinar yang memiliki gelombang dan itensitas tertentu pada flek hitam. Manfaat dari terapi laser ini adalah dapat mencerahkan dan mengurangi flek hitam secara lebih aman dan efektif. Dampak buruk yang timbul dari terapi laser ini juga relatif rendah


4. Chemical Peeling

Chemical peeling dilakukan dengan menggunakan cairan kimia, seperti asam alfahidroksi/ trikoloasetat. Bahan ini akan membantu dalam mengangkat sel-sel kulit yang bermasalah dan dapat mendorong regenerasi kulit. Sehingga flek hitam menjadi lebih tersamarkan.


5. Krim Pemutih

Langkah selanjutnya adalah dengan mulai menggunakan krim pemutih yang memiliki kandungan hydroquinone. Kandungan jenis ini dapat membantu area kulit yang gelap


6. Krim Retinoid

Krim retinoid memiliki kandungan senyawa yaitu vitamin A, seperti tretinoin topikal. Krim dengan kandungan ini dapat membantu mencerahkan sekaligus mengatasi flek hitam. Akan tetapi obat ini hanya bisa didapatkan dengan adanya resep dokter

Posting Komentar

0 Komentar