Serba-serbi Kebiasaan yang Membuat Hidup Lebih Bahagia

YulianaID - Siapa yang tidak ingin hidup bahagia? Berbagai cara banyak dilakukan agar mendapatkan rasa bahagia tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan berbagai kebiasaan-kebiasaan tertentu. Lalu apa saja kebiasaan sederhana yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rasa bahagia tersebut. Sederetan aktifitas dapat dilakukan untuk mendapatkan rasa bahagia pada diri.

Bahagia adalah merupakan suatu kondisi emosional yang ditandai dengan perasaan merasa senang dan juga merasa puas. Walaupun terdapat banyak sekali pengertian dari kebahagiaan. Akan tetapi pada kondisi ini akan selalu melibatkan rasa emosi positif dan juga rasa kepuasan hidup sehingga tidak merasakan kesedihan atau terdapatnya beban karena sesuatu atau merasa dala sebuah tekanan tertentu yang membuat hidup tidak merasa bebas dan merasa tidak bahagia. Adanya perasaan ini akan membuat hidup seseorang menjadi terasa hampa, carut marut, tidak ada keharmonisan hidup dan juga akan merasa tidak ada semangat gairah dalam menjalani kehidupan serta kondisi kesehatan tubuh sering mengalami penurunan


Tanda- tanda seseorang yang merasakan kebahagiaan

Walaupun pengertian dari kebahagiaan atau hidup merasa bahagia tersebut berbeda pada setiap individu, akan tetapi terdapat beberapa hal yang menjadi kunci dari rasa kebahagiaan tersebut sehingga dapat mengukur rasa kebahagiaan yang dirasa dan terjadi pada setiap individu. Kebiasaan- ­kebiasaan tertentu tidak lepas dari lifestyle yang dapat membuat anda dapat menemukan beberapa tanda kebahagiaan diantaranya adalah sebagai berikut ini hal ini dikutip dari Very Well Mind seperti halnya:

1. Merasa kondisi kehidupan baik

2. Menikmati hubungan yang positif dengan orang lain

3. Dalam ,menjalani hidup apa adanya,

4. merasa sudah mendapatkan apa yang diinginkan dalam hidup

Salah satu hal yang perlu diingat, kebahagiaan bukanlah suatu kondisi euforia yang konstan saja. Akan tetapi sebaliknya, suatu kebahagiaan adalah merupakan suatu kondisi perasaan positif yang dapat dirasakan secara menyeluruh, walaupun masih sedikit diliputi oleh segi perasaan negatif.

Sebagai contoh: Misalnya, setiap orang akan merasakan sebuah kondisi perasaan akan semua spektrum emosi. Akan tetapi dalam kondisi merasa bahagia, emosi negatif tersebut akan membuat seseorang merasa terjatuh. Alih-alih merasa jatuh, tetapi mereka akan merasakan hal tetap optimistis dan merasa bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Serba-serbi kebiasaan yang mudah untuk dilakukan dan dapat membuat timbulnya rasa bahagia

Terdapat beberapa kebiasaan-kebiasaan sederhana yang mudah untuk dilakukan dan dapat membuat anda merasakan sebuah rasa bahagia. Hal-hal yang mudah untuk dilakukan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini yang dikutip dari Healthline diantaranya:


1. Tersenyum

Tersenyum dapat merangsang otak untuk merilis suatu hormon dopamin hingga timbul perasaan bahagia. Akan tetapi, bukan berarti Anda haru selalu memasang senyuman palsu. Tetaplah tersenyum meski Anda tengah mengalami hal yang tidak menyenangkan. Dan coba rasakan perbedaan emosi yang didapat pada saat tersenyum meski hati sedang gelisah. Atau hal yang mudah untuk dilakukan adalah anda juga bisa memulai pagi dengan menatap cermin dan tersenyum. Anggaplah sebuah ritual tersebut merupakan sebagai sebuah 'doa' agar anda dapat dengan mudah dalam menjalani aktivitas harian dengan penuh semangat.

2. Lakukan Beberapa Aktifitas Fisik yang Ringan Dilakukan

Berbagai aktifitas fisik ternyata dapat berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang. Meskipun aktifitas fisik yang dilakukan adalah aktifitas fisik yang ringan tetapi ternyyata aktifitas fisik dapat mengurangi rasa kecemasan, stres, gejala depresi hingga dapat menambah rasa bahagia karena dapat meningkatkan mood kita. Untuk melakukan aktifitas fisik tersebut tidak perlu melakukan kegiatan aktifitas fisik yang berat ataupun menguras keringat secara berlebih. Hal yang dapt dilakukan adalah anda hanya perlu berjalan kaki di sekitar rumah ataupun anda dapat melakukan yoga, atau melakukan peregangan setiap bangun tidur dan di sela-sela kerja dengan menarik nafas panjang, melakukan .berdansa juga dapat menjadi salah satu pilihan bahwa aktifitas fisik tersebut merupakan aktifitas fisik yang tepat. Adanya irama musik dan gerakan lincah juga dapat memicu rasa bahagia serta dapat meningkatkan moood untuk menjalani aktifitas harian sehingga berbagai tugas dapat diselesaikan dengan tepat waktu.


3. Dapatkan Asupan Makanan yang Bergizi

Dengan mendapatkan asupan makanan yang bergizi juga sangat berhubungan dengan kondisi mental dan juga kesehatan tubuh. Dengan memperhatikan beberapa asupan nutrisi seperti karbohidrat, lemak protein dan juga mikronutrien. Selain dari itu, jangan lupa juga untuk selalu makan dengan benar dan juga makan dengan teratur.


4. Pilah-pilah Informasi yang Diperoleh

Pada zaman yang serba modern dan canggih ini, segala sesuatunya selalu up to date mengenai informasi-informasi terbaru yang kerap selalu dianggap penting. Akan tetapi hal ini bukan berarti semua hal harus Anda lihat dan harus anda ketahui. Sangat disarankan agar anda dapat memilah-milah berbagai informasi mana yang bisa diserap atau informasi apa yang perlu diketahui dan mana yang tidak. Sangat untuk menghindari berbagai informasi yang tidak jelas seperti berita hoaks atau kabar apapun yang bernuansa negatif, karena adanya hal ini hanya bisa menimbulkan kecemasan.


5. Tetap Jalani Hubungan yang Baik Dengan Orang - orang Terdekat

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rasa bahagia, anda agar jangan terlalu larut dalam kesibukan kerja. lngat juga orang-orang terdekat anda. Usahakan agar anda dapat tetap terhubung dengan orang- orang terdekat. Apabila memungkinkan agar dapat melakukan atau merecanakan pertemuan dengan mereka. Bertukar kabar dan cerita atau sekadar bercanda bersama orang terdekat bisa melepas rasa stres.


6. Jangan Lupa Untuk Bersyukur

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rasa bahagia adalah dengan bersyukur. Banyak orang yang sering lupa untuk bersyukur. Padahal bersyukur akan mendapatkan sesuatu dapat meningkatkan suasana hati sehingga mood dapat meningkat dan rasa bahagia pun dapat diperoleh. Hal ini sudah ditemukan dalam studi yang menemukan bahwa dengan bersyukur dapat meningkatkan harapan dan kebahagiaan. Anda dapat memulai rasa syukur dengan bersyukur atas apa yang dikonsumsi saat sarapan meski harus beradu dengan aktifitas siap-siap berangkat kerja. Jangan lupa juga untuk memperhatikan hal-hal yang ringan lainnya. Latihan sederhana ini akan membuat anda menjadi lebih responsif dan tentunya mendapatkan kebahagiaan.


7. Sering Menarik Nafas Secara Dalam

Dengan adanya emosi negatif dapat membuat tubuh menjadi terasa tegang. Untuk mendapatkan perasaan yang ebih tenang, disarankan untuk mencoba ambil napas panjang dan dalam. Dengan aktifitas ringan ini yaitu mengambil nafas secara mendalam dapat meredakan stres dan juga rasa ketegangan. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan tutup mata anda kemudian bayangkan beberapa memori yang indah atau menyenangkan. Kemudian, tarik napas panjang melalui hidung dalam lima hitungan. Kemudian hembuskan nafas dalam lima hitungan melalui mulut secara perlahan. Ulangi beberapa proses ini hingga anda dapat merasa lebih tenaang dan merasa damai tidak ada rasa gelisah yang tidak menentu sehingga menimbulkan stres dan dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Posting Komentar

0 Komentar