Setelah Meminum Kopi, Ampasnya Jangan Dibuang Dulu ya, Berikut Manfaat Dari Ampas Kopi


YulianaID - Bagi penikmat kopi setelah anda selesai meminumnya, untuk sisa ampasnya jangan langsung dibuang dulu ya. Hal ini dilakukan karena ternyata kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari ampas kopi yang berguna untuk kebutuhan rumah tangga. Dengan adanya manfaat dari ampas kopi tersebut. Bisa menjadi alasan untuk tidak membuangnya ya.

Ampas kopi merupakan bagian dari kopi yang tidak dapat dikonsumsi lagi. Kebanyakan orang biasanya akan membuang ampas dari kopi tersebut. Banyak kandungan manfaat dari ampas kopi yang bisa didapatkan dan berguna diantaranya adalah ampas kopi dapat digunakan untuk mengusir hama, membersihkan dan menghilangkan bau misalnya bau pada sepatu dengan, pada tas, pada kamar ataupun pada mobil. 


Manfaat Dari Ampas Kopi

Kopi memang memberikan banyak manfaat. Adapunn serba-serbi manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari ampas kopi diantaranya adalah sebagai berikut ini:


1. Sebagai Scrub Pembersih Alami

Bubuk kopi memiliki sifat abrasif dan dapat penumpukan pada permukaaan yang sulit dibersihkan. Menghilangkan permukaan yang sulit dibersihkan. Hal ini karena bubuk kopi memiliki sifat anti bakteri. karena sifat antibakteri dan antivirusnya ini sehingga dapat digunakan untuk membersihkan wastafel, memoles peralatan masak, atau menggunakannya pada bahan berpori apapun, karena dapat menyebabkan noda cokelat.


2. Dapat Berfungsi Untuk Membersihkan Noda Pada Panci dan Wajan

Bubuk kopi memiliki tekstu yang kasar sehingga hal ini menjadikannya sebagai bahan yang cukup ideal untuk menggosok atau membersihkan peralata dapur yang memiliki noda dan sulit dibersihkan pada panci ataupun wajan yang merupakan noda bekas sisa dari makanan. Adapun tips dan caranya adalah dengan menaburkan ampas kopi tersebut dan gosok pada wajan ataupun panci yang terdapat noda sisa makanan yang menempel. Pastikan untuk membilas hingga bersih setelahnya.


3. Dapat Digunakan Sebagai Pewarna Alami Pakaian

Apabila anda menyukai warna dari kopi yang tumpah pada pakaian yang tidak sengaja tumpah pada pakaian anda sehingga menimbulkan noda cokelat. Pewarna kain dengan menggunakan kopi, dapat dipraktekan dengan mudah yaitu adapun caranya adalah dengan membasahi bubuk kopi bekas, anda dapat membuat pewarna yang murah dan alami sehingga dapat digunakan untuk mewarnai kapas, rayon, plastik dan kertas ini adalah merupakan cara yang mudah untuk memberi tampilan vintage pada kain dan kertas atau menyamarkan noda yang ada pada pakaian dan handuk dengan warna yang sama. Pewarna alami yang didapatkan dari kopi dapat digunakan juga sebagai proyek kerajinan seni melukis juga ya. 


4. Dapat Digunakan Sebagai Bahan Ajaib Untuk Membuat Daging Yang Empuk

Manfaat lain bisa kita dapatkan dari kopi adalah dapat digunakan sebagai bahan dalam pengolahan daging sehingga membuatnya menjadi empuk. Hal ini karena kopi mengandung asam dan enzim alami sehingga membuatnya dapat melunakan daging secara alami. Tiga jenis pelunak daging alami adalah garam, enzim dan asam. Sifat dari kopi yang asamm dapat membantu dalam meningkatkan rasa daging. Adapun caranya adalah cukup dengan mengoleskan bubuk kopi ke daging dalam kurun waktu dua jam sebelum dimasak. Adapun cara lain yang dapat digunakan dengan cara merendam daging dengan menggunkan larutan bubuk kopi dan mendiamkannya di dalam lemari es dalam kurun waktu hingga 24 jam sebelum daging dimasak.


5. Dapat Digunakan Sebagai Penolong Dalam Memperbaiki Goresan Pada Furnitur

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari ampas kopi adalah ampas kopi juga bisa digunakan untuk menyamarkan goresan pada furnitur kayu sehingga membuat furnitur kayu yang cacat karena goresan akan tampak mulus kembali. Adapun caranya adalah: Pertama buatlah ampas kental dengan menggunakan ampas kopi bekas dan air. Kemudian gosok pasta pada goresan menggunakan kapas kemudian biarkan selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan kain katun. Hal ini dapat membantu menghaluskan goresan dan menyamarkannya dengan mewarnai kayu yang terbuka menjadi warna coklat tua. Teruskan mengoleskan kopi ke dalam goresan menggunakan kapas hingga mendapatkan warna yang diinginkan kemudian tunggu beberapa jam setelah aplikasi kopi ini.


6. Dapat Digunakan Sebagai Pupuk UntukTanaman

Kandungan yang terdapat pada bubuk kopi mengandung beberapa mineral utama yang berguna untuk pertumbuhan pada tanaman. Kandungan dari mineral ini yaitu seperti nitrogen, kalsium, kalium, fosfor, besi, magnesium dan kromium. Sebagian besar tanah tidak mengandung nutrisi- nutrisi penting ini yang berguna untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Hal ini karena ampas kopi dapat membantu dalam menyerap logam. Ampas kopi membantu menyerap logam yang dapat mencemari atau merusak nutrisi pada tanah. Kopi juga mampu menarik perhatian cacing yang berguna untuk menggemburkan tanah. Apabila tertarik untuk menggunakan ampas kopi sebagai pupuk. Caranya adalah cukup dengan taburkan ke tanah pada sekitar tanaman.


7. Dapat Digunakan Sebagai Tambahan Kompos

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari ampas kopi ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan kompos. Dengan menambahkan kompos ke pekarangan atau kebun hal ini dapat membantu tanah dalam menahan lebih banyak nutrisi dan air, sehingga hal ini dapat meningkatkan kesehatan tanaman. Salah satu studi menemukan bahwa kompos yang terbuat dari ampas kopi dan limbah dapur lebih kaya akan nutrisi, daripada kompos yang dibuat dengan limbah biasa. Untuk membuat kompos, caranya dengan mencampurkan ampas kopi dengan limbah organik lain sama hal nya seperti potongan rumput, daun, kulit kayu, koran, kelapa pa rut, kulit telur, serta kulit buah dan sayuran.


8. Dapat Digunakan Sebagai Pengusir Serangga dan Juga Hama

Manfaat lain dari bubuk kopi adalah dapat digunakan sebagai pengusir serangga dan hama. Hal ini karena kopi memiliki kandungan senyawa tertentu yang dapat ditemukan dalam kopi, seperti diantaranya adalah kafein dan diterpen yang bisa sangat beracun bagi serangga. Anda dapat menggunakan ampas kopi untuk mengusir serangga. Ampas kopi sangat efektif dalam mencegah nyamuk, lalat buah dan kumbang, ampas kopi juga dapat membantu mengusir hama lain. Apabila ingin menggunakan ampas kopi sebagai pembasmi serangga dan hama, cukup taruh mangkuk ampas kopi atau taburkan pada sekitar area yang biasanya terdapat banyak serangga. Ampas kopi juga dapat membantu mengusir hama pengganggu seperti siput di kebun


9. Dapat Digunakan Untuk Menghilangkan Kutu Dari Hewan Peliharaan

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari ampas kopi diantaranya dapat digunakan untuk menghilangkan kutu pada hewan peliharaan. Kutu merupakan masalah umum yang ada pada hewan peliharaan. Ampas kopi bisa menjadi salah satu pengobatan alami untuk hewan peliharaan yang berkutu. Cukup dengan cara gosokan bubuk ampas kopi tersebut ke seluruh bulu hewan peliharaan setelah dimandikan. Setelah itu, kemudian bilas dan biarkan bulu hewan peliharaan mengering seperti biasanya. Sangat penting untuk diperhatikan, bubuk kopi hanya boleh digunakan secara eksternal. Kopi atau ampas kopi dapat menjadi racun bagi hewan peliharaan apabila dikonsumsi.

Posting Komentar

0 Komentar