Arti Departed From Transit JNE

 


YulianaID - Ketika kamu melakukan pembelian secara online, tentu merasa tidak asing dengan kata tracking atau pelacakan dimana barang yang sudah dibeli. Terutama jika kalian menggunakan jasa pengiriman JNE ketika berbelanja online ataupun mempunyai bisnis online shop.

Pastinya banyak istilah yang muncul ketika sedang melakukan pengecekan keberadaan barang. Contohnya seperti Departed From Transit Gateway Jakarta, Departed From Transit Gateway Bandung, Departed FromTransit Gateway Surabaya, dan lain-lain. Lalu, sebenarnya apa sih maksud dari status tersebut?


Arti Status Pengiriman Barang Departed From Transit 

Perusahaan ekspedisi JNE yang sudah puluhan tahun melayani pengiriman barang, tentunya sudah banyak orang yang tahu. Sehingga, banyak istilah-istilah di JNE yang sudah tidak asing di telinga, seperti departed from transit.

Tentunya  anda sering memperoleh status barang dari pengiriman hingga Departed from transit. Pastinya kalian bertanya-tanya dan tidak paham apa maksud status barang tersebut. Atau bahkan mungkin muncul kegelisahan jika barang yang tengah dikirimkan tersebut menyasar.

Tapi kalian tak perlu khawatir jika muncul status tersebut.  Salah satu fasilitas dari JNE, dalam melayani jasa pengiriman barang adalah Departed from transit. Sehingga, customer bisa mengetahui dan melacak di manakah lokasi barang yang sedang dikirimkan saat ini, ketika memasukkan nomor resi.

Melansir dari berbagai sumber, istilah departed from transit berarti menunjukkan bahwa barang yang akan dikirimkan tersebut sedang dikirim atau dipindahkan ke kota selanjutnya. 

Contohnya, kalian menemukan jika status barang yang tengah dikirim menjadi "Departed from transit gateway Jakarta". Menandakan bahwa, barang dalam proses dikirimkan  sudah berhasil keluar dari Jakarta, dan proses menuju ke kota tujuan selanjutnya. 


Status Pengiriman Barang Yang Mengalami Departed From Transit 

Mungkin banyak yang masih belum paham, jika barang yang berada dalam status tersebut berarti akan lama tiba di alamat tujuan. Sebab, tidak langsung dikirim ke kota alamat tujuan.

Tapi sebenarnya, status tersebut bukan berarti barang akan lama sampainya. Adapun waktu status barang dengan notifikasi departed from transit  sekitar 3 sampai 7 hari.

Status departed from transit biasanya dialami oleh barang-barang yang alamat tujuan pengirimannya cukup jauh dari kota asal. Sehingga, membutuhkan kota-kota lainnya sebagai transit. Tapi biasanya, ada juga barang-barang yang tidak perlu mengalami status departed from transit, apabila tujuannya memang ke kota-kota besar tertentu.

Kalian hanya perlu mengnunggu saja barang tersebut di rumah, sambil sesekali mengecek status pengiriman barang.


Arti Status-Status Lain Di JNE

Belanja online atau online shopping di zaman sekarang sudah menjelma menjadi gaya hidup masyarakat. Tentunya JNE mengambil peran penting dalam fenomena tersebut, sehingga semakin berkembang.

Ketika dicek, maka kalian akan banyak menemukan istilah dalam proses pelacakan dan pengiriman barang. Selain status departed from transit, berikut istilah-istilah dalam pelacakan barang yang perlu kalian ketahui.


1. Shipment Received by Counter Officer at

Status ini muncul jika kalian sudah membayar jasa pengiriman dan mendapatkan nomor resi. Biasanya, status ini akan langsung muncul ketika dicek, atau ditunggu dalam jangka waktu tertentu hingga akhirnya muncul.

2. Shipment Pick up by Courier

Status pengiriman barang ini menjelaskan bahwa barang yang sudah dibawa oleh si pengirim ke agen jasa pengiriman, sudah diambil oleh kurir. Kemudian, lanjut dikirim ke pusat sortir barang.

3. Received at Sorting Center

Status pengiriman barang ini menunjukkan bahwa barang yang akan dikirimkan sudah masuk dan terdata di pusat sortir. Setelah itu, barang akan disortir sesuai dengan kota dan alamat tujuan pengiriman.

4. Received at Warehouse

Biasanya status ini membuat para customer senang, lantaran barang yang dikirim sudah berada di kota tujuan, sehingga tak lama lagi akan tiba di alamat tujuan.

5. With Delivery Courier

Status ini lebih membuat para customer bahagia, karena barang yang sedang dipesan dan ditunggu-tunggu selama ini, tengah diantar oleh kurir menuju alamat tujuan.

6. Delivered

Dengan munculnya status ini, maka barang yang dibawa oleh kurir sudah tiba di alamat tujuan, dan kurir sudah menyerahkan barang ke penerima sesuai alamat pengiriman. 


Cara Cek Status Pengiriman Barang Di JNE

Status-status tadi bisa kalian temukan dengan mengecek resi pengiriman barang yang telah didapatkan dari JNE. Biasanya nomor resi akan diberikan ketika barang sudah dibawa ke agen pengiriman jasa dan melakukan pelunasan.

Cara mengecek status barang dengan nomor resi pun tidaklah sulit. Perusahaan JNE memberikan kemudahan bagi customer untuk bisa menggunakan layanan berupa pengecekan nomor resi dan pelacakan barang. Inilah beberapa cara yang bisa kalian lakukan buat mengetahuinya.

  • Kunjungi situs resmi JNE di alamat jne.co.id/id/tracking/trace melalui browser. Bisa dilakukan smartphone, PC, ataupun laptop yang mempunyai koneksi internet.
  • Masukkan nomor resi barang yang dikirimkan pada kolom ‘Lacak Kiriman’. Nomor resi berupa angka dan huruf yang berfungsi untuk melacak keberadaan barang yang kalian kirimkan, mulai dari status paket yang dikirim ke gudang sampai pada layanan jasa Ekspedisi JNE Express, sesuai dengan lokasi JNE dalam alamat yang tertera dalam pemesanan barang kalian. Uniknya, kalian bahkan bisa memasukkan 20 nomor resi sekaligus, jika memang barang yang dikirimkan lumayan banyak.- Setelah itu, klik ‘Search’ untuk melacak status atau keberadaan barang kalian.
  • Biasanya, kalian akan diminta mengisi kolom ‘Captcha’ dengan kode yang tertera. Masukkan kode yang sesuai dengan apa yang tertera di kolom tersebut, agar kalian bisa melanjutkan. Jika salah, maka kalian akan diminta mengulanginya lagi dengan kode yang berbeda. Kemudian, lanjutkan dengan mengeklik ‘Enter’.
  • Kemudian, tangkapan layar dapat memperlihatkan keterangan paket, seperti jenis paket JNE, nama penerima, tujuan pengiriman, lokasi, sampai dengan status pengiriman. Pastinya kalian akan menemukan istilah-istilah status pengiriman barang yang sudah dijelaskan di atas.

Itulah pembahasan lengkap mengenai status departed from transit dan status-status lainnya di JNE. Saat ini kalian sudah tahu arti dari istilah tersebut, sehingga dapat menjadi penambah wawasan. Semoga artikel ini memberikan manfaat buat kalian yang sedang mencari referensi.

Posting Komentar

0 Komentar