Arti paket gagal dikirim sudah reschedule dengan customer

 

YulianaID - Bagi anda yang pernah menggunakan ekspedisi J&T pasti ada yang pernah mendapatkan keterangan resi paket gagal dikirim sudah reschedule dengan customer.

J&T merupakan salah satu ekspedisi terbesar di Indonesia yang bekerjasama dengan berbagai platform belanja online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan sejenisnya. Bagi yang belum pernah mendapatkan keterangan resi seperti di atas pasti bertanya-tanya apa arti paket gagal dikirim sudah reschedule dengan customer?

Pengertian Paket Gagal Dikirim Sudah Reschedule dengan Customer

Terkadang dalam pengiriman paket ada saja kendala yang terjadi, seperti overload kurir, overload di gudang, faktor cuaca, atau faktor medan yang dilalui. Efeknya, paket yang seharusnya dikirimkan saat itu juga tidak terlaksana dan akan dikirimkan keesokan harinya. 

Berapa Lama Paket Akan Dikirimkan?

Paket yang direschedule oleh kurir biasanya akan dikirimkan keesokan harinya. Atau paling lama 2-3 hari setelah jadwal reschedule. Kalau kamu menunggu terlalu lama, kamu dapat menghubungi cutomer service untuk mengambil paket tersebut ke Drop Point terdekat.

Penyebab Kurir Tidak Melakukan Konfirmasi

Menurut SOP seharunya kurir menghubungi customer terkait perubahan jadwal pengiriman. Sayangnya ada beberapa kendala yang mengakibatkan kurir tidak dapat melakukan konfirmasi. Misalnya saja nomor HP pembeli tidak dapat dihubungi, terjadi kendala sinyal baik dari kurir maupun pembeli, nomor yang tercantum salah, kurir lupa melakukan konfirmasi karena terburu-buru mengirimkan paket lainnya, atau HP yang digunakan sedang rusak.

Arti Resi Ekspedisi J&T

Selain keterangan paket gagal dikirimkan, ada banyak istilah lain yang digunakan dalam resi pengiriman J&T.

Gateway

Jika resi kamu menunjukkan keterangan gateway, itu artinya paket sedang berada di gudang pusat. Di Indonesia sendiri J&T memiliki beberapa titik gudang pusat yang tersebar. Untuk membedakan gudang pusat satu dengan lainnya biasanya ada kode daerah di belakangnya. Misalnya PDG yang berarti paket sedang berada di gudang pusat daerah Padang, Sumatera Barat. 

Sprinter

Sprinter adalah sebutan untuk kurir J&T. Biasanya akan tercantum nama kurir yang membawa paket. Tugas sprinter adalah membawa paket ke alamat penerima setelah mengambil barang ke Drop Point di area tugasnya.

On Delivery

Menandakan paket sedang dalam proses pengiriman.

Nomor Pelacakan Dibuat

Menandakan jika nomor resi telah lengkap dan tersedia serta siap untuk ditempelkan dan digunakan terhadap barang yang akan dikirimkan

Drop Point

Istilah ini digunakan untuk agen J&T Express di berbagai wilayah. Paket yang berada di Drop Point akan dilakukan pengidentifikasian data untuk selanjutnya dilakukan pengantaran ke alamat pembeli.

Paket Akan Dikirimkan ke Drop Point

Menandakan bahwa paket telah dikonfirmasi dan dapat dilakukan pengiriman terhadap agen terdekat

Paket Telah Sampai ke Drop Point

Paket yang dibawa oleh kurir telah sampai ke agen J&T terdekat.

Drop Center

Merupakan pusat tempat untuk melakukan penyortiran barang yang dibedakan berdasarkan wilayah pengiriman barang.

Paket Telah Sampai ke Drop Center

Paket sudah berada di gudang pusat penyortiran J&T.

Paket Sudah Sampai Tujuan

Barang sudah sampai ke lokasi yang dituju termasuk daerah tujuan yang digunakan sebagai transit barang.

Sprinter Sedang Mengirim

Kurir yang ditugaskan telah mengambil barang dari Drop Point terdekat untuk selanjutnya akan dikirimkan ke alamat pembeli. Biasanya nama sprinter yang ditugasnya juga akan tercantum.

Sudah Diterima

Menandakan bahwa paket sudah diantar ke alamat penerima dan sudah diterima oleh pembeli. Pada keterangan resi biasanya kaan tercantum nama penerima dan juga bukti foto barang telah diterima.

Scan

Barang yang sudah berada di Drop Point akan melalui proses scanning untuk memastikan data penerima, meliputi nama penerima, alamat, kode gateway, hingga nomor resi yang tercantum pada paket. Untuk menimalisir kesalahan pengiriman pada alamat tujuan maka dari itu proses ini sangat penting untuk dilakukan. Selain itu berguna untuk cross check data.

Simpan

Keterangan ini mengartikan bahwa paketmu sedang disimpan di Drop Point terdekat dari alamat penerima. Penyimpanan barang disebabkan karena barang tidak dapat dikirimkan saat itu juga. Penyebab tersering adalah karena faktor cuaca atau jam operasional yang sudah mendekati tutup sehingga paket baru bisa dikirimkan keesokan harinya.

Pick Up

Kurir J&T sedang melakukan penjemputan barang ke alamat penjual atau pengirim.

Transit Center

Merupakan gudang pusat di kota-kota besar sebagai tempat barang transit sebelum dikirimkan ke Drop Point terdekat dengan kota atau wilayah penerima.

Jenis-Jenis Layanan J&T

Sebagai salah satu ekspedisi yang dapat diandalkan, J&T menawarkan beragam jenis layanan pengiriman yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Berikut jenis layanan pengiriman yang dapat kamu pilih.

J&T Super

Ini merupakan jenis layanan pengiriman tercepat yang dimiliki oleh J&T. Paket yang menggunakan layanan ini akan dikirimkan dalam waktu 1 – 2 hari saja sejak diterima oleh kurir. Akan tetapi, biaya pengiriman J&T Super lebih mahal dibandingkan dengan jenis layanan pengiriman lainnya.

Jenis layanan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengirimkan paket penting agar segera tiba di tujuan. Namun, layanan ini tidak meng-cover seluruh wilayan di Indonesia. Hanya ada di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Batam, dan Sulawesi.

J&T EZ (Reguler)

Jenis layanan ini paling banyak digunakan oleh penjual maupun pembeli karena menerapkan tarif pengiriman yang standard. Lama pengiriman tergantung dari daerah yang dituju. Waktu pengiriman dapat memakan waktu kira-kira  2 -5 hari. Adapun hal yang diunggulkan dari layanan ini adalah untuk jangkauan pengiriman mencakup pada seluruh daerah yang ada di Indonesia, sehingga dapat dikatakan jangkauannya cukup luas. Bahkan untuk daerah terpencil sekalipun dapat dicover oleh J&T EZ.

J&T ECO (Ekonomi)

Selain memiliki layanan pengiriman termahal, J&T juga memiliki layanan pengiriman termurah, yaitu J&T ECO. Namun, layanan ini memiliki durasi pengiriman paling lama dibandingkan jenis layanan lainnya, yaitu 5-14 hari. Jika kamu tidak terburu-buru kamu dapat menggunakan jenis layanan ini untuk mengirimkan paket.

Sayangnya, tidak seluruh wilayah di Indonesia dapat dicover oleh J&T ECO. Layanan ini hanya tersedia dengan tujuan Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Bali saja.

Jam operasional pengiriman bisa saja berbeda. Akan tetapi, kamu dapat menggunakan acuan berikut ini.

Kantor cabang beroperasi pada hari Senin sampai Minggu dari jam 8 pagi sampai 8 malam.

Agen atau Drop Point biasanya aktif di hari kerja pada hari Senin hingga Minggu mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam

Kurir Sprinter beroperasi pada hari Senin sampai Minggu dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam

Ekspedisi kuriu memiliki aktif kerja dari hari senin hingga hari minggu dan aktif selama 24 jam

Sekian informasi mengenai arti paket gagal dikirim sudah reschedule dengan customer dan informasi penunjang lainnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar