Arti Paket Sedang Dalam Perjalanan Ke Lokasi Anda

 


YulianaID- Belanja online saat ini sangat banyak diminati oleh para masyarakat. Pasalnya, belanja online memberikan banyak keunggulan ketimbang belanja offline. Melalui belanja online, pembeli dapat membandingkan langsung barang yang diincar dari satu toko ke toko lain tanpa harus keluar rumah.

Belum lagi jika ada promo cashback atau gratis ongkir, tentu akan semakin menghemat pengeluaran. Hanya duduk di rumah, barang pun di antar dalam jangka waktu yang singkat. Buat yang gemar berbelanja online, kamu pasti sering mendapatkan notifikasi “paket sedang dalam perjalanan ke lokasi Anda”.  arti paket sedang dalam perjalanan ke lokasi Anda?

Tips Berbelanja Online Aman dan Nyaman

“Paket sedang dalam perjalanan ke lokasi Anda” artinya barang yang kamu pesan sudah di bawa oleh kurir dan sedang menuju ke lokasimu. Kamu hanya perlu menunggu sampai kurir datang. Apabila barang yang kamu beli adalah barang COD, sebaiknya siapkan uang pas dan jangan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Kurun waktu kurir dalam perjalanan ke lokasi tujuan bergantung pada jumlah barang banyak atau sedikit yang akan dikirimkan dan disesuaikan dengan urutan rute yang sudah terjadwal. Apabila di hari tersebut kurir tidak sempat mengirimkan paket karena overload, tunggu sampai keesokan harinya.

Namun, ada juga kejadian paket tidak kunjung sampai padahal sudah dibawa oleh kurir. Jika melebihi 3 hari, sebaiknya kamu menghubungi agen terdekat untuk menanyakan keberadaan paketmu. 

Selain mengetahui arti dari notifikasi pengiriman, kamu juga harus tahu bagaimana berbelanja online yang aman dan juga nyaman. Berikut tipsnya untuk kamu!


Pilih Toko dengan Rating Toko Bagus

Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee selalu menampilkan rating toko. Rating toko ini bisa menjadi acuan kamu untuk mencari toko yang terpercaya. Setidaknya, pilihlah toko dengan rating 4,5 ke atas. Karena rating di atas 4,5 menandakan pelayanan dan juga barangnya yang berkualitas.


Rating Produk Bagus

Selain rating toko, rating produk juga harus dipertimbangkan. Semakin tinggi rating produk, artinya produk yang dijual berkualitas baik dan bukan abal-abal. Akan tetapi, ada kalanya pembeli asal memberikan rating produk yang buruk karena kesalahpahaman dari pembeli yang tidak membaca deskripsi secara lengkap. Alhasil memberikan rating buruk sepihak yang tentu saja akan mempengaruhi rating produk.


Baca Review Produk

Maka dari itu, agar tidak terjebak oleh rating yang buruk padahal karena kesalahpahaman salah satu pihak, kamu perlu membaca satu persatu review produknya. Terutama review yang memberikan komen negatif. Apakah benar karena produknya yang buruk ataukah karena hal lain.

Selain itu, kamu juga dapat menambah data akan kelebihan dan kekurangan dari produk yang akan kamu beli melalui review-review yang dikirimkan oleh pembeli.


Fast Response

Penjual di marketplace sangat bermacam-macam. Ada yang rating tokonya bagus, rating produk bagus, namun tidak fast response. Padahal, penjual yang tidak fast response akan merugikan pembeli jika ada ketidaksesuaian produk yang dikirimkan.

Jadi, alangkah baiknya selain rating toko dan rating produk yang bagus, cari juga penjual yang fast response. Cara untuk mengetesnya adalah tanyakan hal-hal yang mendasar. Semisal kapan produk akan dikirimkan atau adakah garansi?

Apabila beberapa waktu penjual membalas pesanmu, menandakan bahwa penjual tersebut fast response. Jika ada kerusakan barang atau kesalahan pengiriman kamu bisa mendapatkan ganti rugi secepat mungkin.


Pilihan Pengiriman yang Variatif

Setiap toko berhak mengaktifkan jasa pengiriman yang mereka inginkan. Namun, pilihlah seller yang menyediakan layanan pengiriman yang variatif sehingga kamu memiliki beberapa opsi kurir yang terjangkau.

Apabila pilihan kurir yang kamu inginkan tidak tersedia, tidak ada salahnya untuk menanyakan kepada penjual apakah bisa menggunakan jasa kirim yang kamu minta. Karena terkadang ada seller yang bersedia mengaktifkan jasa kirim yang kamu minta demi kepuasan pelanggan.


Mengaktifkan Layanan COD

COD atau Cash On Delivery adalah sistem pembayaran yang dilakukan apabila barang sudah diterima oleh pembeli. Layanan COD sangat menguntungkan pembeli apalagi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembayaran cashless.

Selain itu, toko yang mengaktifkan layanan COD adalah toko terpercaya karena tidak takut dengan kualitas barang yang dijual. Selain itu, toko juga memberikan kepercayaan kepada pembeli.


Daftar Produk yang Lengkap

Tips selanjutnya adalah pilih toko yang menyediakan banyak pilihan. Semakin banyak jumlah barang yang dijual, artinya toko mengalami progress dan serius dalam berjualan. Bayangkan, toko A dengan jumlah produk 10 dan toko B dengan jumlah produk lebih dari 50. Tentu saja, toko dengan jumlah produk lebih dari 50 akan lebih meyakinkan. 


Produk Terjual Sangat Banyak

Agar kamu berbelanja dengan aman dan nyaman, kamu juga perlu mengamati seberapa banyak produk yang terjual di toko tersebut. Termasuk penjualan produk yang sedang kamu incar. Semakin banyak produk yang terjual, semakin terpercaya toko tersebut karena sudah banyak orang yang membeli di sana.


Jangan Mau Jika Transaksi Diluar Marketplace

Penipuan online sekarang semakin banyak. Dan salah satu strateginya adalah mengajak pembeli untuk melakukan transaksi di luar marketplace. Jika ada seller yang demikian, jangan sampai mengikutinya karena pembelian di luar marketplace sangatlah rawan.

Namun, aplikasi seperti Shopee sudah merancang aplikasinya sedemikian rupa sehingga dapat mendeteksi adanya komunikasi yang mengarah ke transaksi di luar marketplace. 


Memberikan Garansi Produk

Meskipun marketplace menyediakan layanan pengembalian barang apabila produk yang dikirimkan tidak sesuai, namun kamu juga harus memastikan apakah penjual memberikan garansi produk ataukah tidak.

Sebab, pengembalian barang yang tidak sesuai memiliki keterbatasan waktu. Sedangkan apabila penjual memberikan garansi khusus, biasanya lebih panjang. Bisa satu bulan setelah pembelian, 6 bulan, atau bahkan hingga 1 tahun. Biasanya produk-produk yang memiliki garansi panjang adalah barang elektronik dengan harga yang lumayan.

Dengan adanya garansi produk resmi dari toko, sebagai pembeli kamu tidak akan dirugikan karena dapat mengajukan klaim garansi apabila di kemudian hari terdapat kerusakan. Ini juga merupakan bagian dari tips berbelanja yang aman dan nyaman yang dapat kamu coba.


Membeli di Toko Resmi

Produk seperti kosmetik terutama dapat diperjualbelikan secara bebas. Ini memungkinkan adanya produk tiruan yang dijual oleh penjual lain. Mungkin dari sisi kemasan terlihat sama, akan tetapi dari segi isi berbeda baik dari segi tekstur ataupun bau.

Jika kamu khawatir membeli produk tiruan, sebaiknya kamu mencari toko resminya di marketplace. Misalnya saja untuk produk Wardah, kamu dapat checkout di toko Wardah Official dan seterusnya. Dengan begitu resiko membeli produk yang tidak ori dapat diminimalisir.

Demikianlah informasi bermanfaat mengenai arti paket sedang dalam perjalanan Anda beserta pengetahuan lain mengenai tips berbelanja online yang aman dan nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar