Arti Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda Saat Membeli

 



YulianaID - Ketika kamu melakukan transaksi pembelian pada aplikasi Shopee, tentunya pernah membaca keterangan  resi “pengirim sedang mempersiapkan pesanan Anda”. Bagi yang baru pertama kali berbelanja online, mungkin masih awam dengan arti tersebut.

Arti pengirim barang sedang mempersiapkan pesanan Anda saat membeli di Shopee adalah penjual sedang melakukan proses pengemasan sebelum barang dikirim menggunakan jasa kirim yang dipilih. Proses waktu pengemasan barang akan memakan waktu maksimal 7 hari pada saat pesanan tersebut diterima. Seperti daftar alamat dan nomor telepon shopee express cimahi


Arti Pengirim Sedang Mempersiapkan Pesanan Anda

 Selain penjelasan di atas, ada arti lain dari “pengirim sedang mempersiapkan pesanan Anda”.


Kurir Gagal Pick Up

Pada saat penjual memilih menu layanan pick up, untuk itu kurir dapat mengambil paket bersamaan dengan jadwal yang telah tertera. Namun, terkadang kurir tidak sempat mengambil paket karena disebabkan oleh beberapa alasan, seperti overload atau pengaruh cuaca sehingga akan melakukan pick up ulang di hari berikutnya.


Resi Tidak Muncul

Arti lainnya adalah karena resi tidak kunjung muncul padahal penjual sudah mengonfirmasi pesanan pembeli. Dalam keadaan tertentu seperti faktor jaringan atau kesalahan sistem, resi tidak langsung muncul dan harus menunggu beberapa saat.

Biasanya paket telah siap untuk dilakukan proses kirim, tetapi tidak terdapatnya resi menjadikan barang tidak bisa untuk dikirim. Ini yang biasanya menyebabkan proses mempersiapkan pesanan lebih lama.


Stok Barang Kurang

Biasanya ini terjadi pada penjual yang memiliki stok barang terbatas. Setelah mengonfirmasi pesanan ternyata jumlah barang yang tersedia tidak sesuai dengan permintaan sehingga membutuhkan waktu untuk menambah stok barang sebelum dikirimkan.

Setelah jumlah barang sudah sesuai dengan permintaan pembeli, maka penjual akan langsung mengirimkan barang baik dengan metode pick up maupun drop off.

Pengertian pengirim sedang mempersiapkan pesanan adalah proses yang bersangkutan dengan pra pengiriman. Singkatnya, sebelum barang diterima oleh kurir dan melalui proses pengiriman. Lama atau tidaknya tergantung dari masalah yang terjadi di lapangan. Namun, pihak Shopee memberikan batas waktu maksimal agar pembeli dapat mencari produk lainnya di Shopee.

Apabila dalam waktu beberapa hari tidak terdapatnya perubahan, kamu bisa menanyakan kepada pembeli  melalui chat guna menanyakan status paket, ada kendala untuk dikirim atau tidak. Dengan begitu kamu dapat memutuskan untuk membatalkan pesanan ataukah tidak.


Jasa Kirim yang Didukung Shopee

Sebagai seller Shopee, mengetahui jasa kirim apa saja yang didukung oleh Shopee sangatlah penting. Setidaknya ada 8 kategori jasa kirim yang didukung oleh Shopee.

1.       Reguler

-          J&T Express

-          Shopee Xpress Standard

-          Anteraja Reguler

-          PosAja!

-          SiCepat REG

-          ID Express

-          JNE Reguler

-          Ninja Express

2.       Instant

-          GoSend Instant

-          GrabExpress Instant

-          Shopee Xpress Instant

3.       Same Day

-          GoSend Sameday

-          GrabExpress Sameday

-          Anteraja Sameday

-          Shopee Xpress Someday

4.       Next Day

-          SiCepat BEST

-          JNE YES

5.       Hemat

-          SiCepat HALU

-          Anteraja Economy

-          J&T Economy

-          Shopee Xpress Hemat

6.       Cargo

-          SiCepat Gokil

-          J&T Cargo

-          JNE Trucking (JTR)

-          Sentral Cargo

-          Anteraja Cargo

7.       Bluebird Kirim

8.       Ambil di Tempat

-          Shopee Xpress Point

-          Agen Shopee

-          J&T Jemari

-          Indopaket (Indomaret)


Keuntungan Menggunakan Jasa Kirim yang Didukung Shopee

Ada beberapa keuntungan jika kamu menggunakan jasa kirim yang memang bekerjasama dengan Shopee, terutama bagi seller. Misalnya saja, penjual dapat mengatur pengiriman melalui aplikasi Shopee atau melalui Shopee Seller Centre. 

Kemudian, seller tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sudah dihitung otomatis oleh sistem Shopee. Penjual juga dapat mengakses dan mencetak resi dari Seller Centre tanpa harus melakukan input secara manual.

Selain itu, resi yang muncul akan secara otomatis masuk ke dalam sisten Shopee. Rincian pelacakan juga dapat ditampilkan oleh sistem Shopee untuk penjual dan pembeli.


Keuntungan Berbelanja di Shopee

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee banyak dijadikan pilihan untuk mencari barang yang dibutuhkan oleh banyak orang. Ada beragam kategori produk yang ada di Shopee untuk memudahkan pembeli, misalnya kecantikan, pakaian, perlengkapan bayi, hingga hobi.

Selain itu, Shopee juga memberikan banyak keuntungan bagi pembeli. Apa saja?

Mudah Digunakan

Shopee memiliki tampilan yang memudahkan pengguna. Misalnya saja dalam hal pengelompokan produk. Pembeli dapat langsung menuju ke kategori produk di halaman utama. Atau bisa juga secara manual melakukan pencarian di kolom pencarian bagian atas.

Metode Pembayaran yang Beragam

Keuntungan lain yang ada di Shopee adalah metode pembayaran yang sangat lengkap. Tentu saja ini sangat memudahkan pengguna untuk bisa memilih metode pembayaran yang paling sesuai. Mulai dari via bank (transfer bank, via ATM, atau kartu kredit), melalui swalayan ternama (Indomaret dan Alfamart), dompet digital (Shopeepay dan Shopepaylater), Oneklik, Kredivo, hingga layanan pembayaran di tempat alias COD (Cash On Delivery).

Fitur COD (Cash On Delivery)

Fitur COD pada marketplace faktanya mendapatkan feedback yang positif dari pengguna. Selain meningkatkan kepercayaan pelanggan karena membayar setelah barang tiba di lokasi, adanya fitur COD juga memudahkan mereka yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembayaran cashless.

Secara harga pun tidak berbeda dengan pembayaran cashless. Bahkan, pada beberapa kesempatan, Shopee memberikan diskon voucher khusus untuk metode pembayaran COD.

Banyak Promo Menarik

Sejak kehadirannya di Indonesia, Shopee sudah menarik perhatian banyak kalangan. Salah satunya karena sering mengadakan promo menarik. Mulai dari ongkir 0 rupiah, potongan ongkir, voucher diskon produk, dan promo menarik lainnya.

Apalagi, jika memasuki tanggal dan bulan kembar, seperti 1.1, 2.2, 3.3, dan seterusnya, sudah bisa dipastikan Shopee akan memberikan promo besar-besaran. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak masyarakat yang menggunakan Shopee sebagai pilihan untuk berbelanja online.

Harga Relatif Murah

Shopee juga dikenal sebagai aplikasi yang menawarkan produk-produk dengan harga yang murah. Bahkan, jika dibandingkan dengan toko ijo, Shopee seringkali unggul dari segi harga. Tentu saja ini sangat menguntungkan bagi pembeli. Terlebih bagi mereka yang ingin menjual kembali barang-barang yang sudah dibeli di Shopee.

Belum lagi harga tersebut dipotong oleh koin, promo toko, atau promo dari Shopee yang sedang berlangsung.

Adanya Fitur Dropship

Ingin menjadi penjual tapi tidak ingin stok barang? Kamu bisa menjual barang-barang yang ada di Shopee dengan memanfaatkan fitur dropship. Fitur dropship memungkinkan kamu untuk menulis nama tokomu sebagai pengirimnya. Fitur ini ada di bagian paling bawah saat kamu checkout dan harus dicentang.

Demikianlah penjelasan mengenai arti pengirim sedang mempersiapkan pesanan yang ada di Shopee.

Posting Komentar

0 Komentar