YulianaID - Apakah anda pernah memperoleh notifikasi mengenai pengiriman paket gagal hal ini disebabkan sudah melewati jam operasional Drop Point? Hal
ini bisa saja terjadi pada kamu yang sering melakukan aktifitas berbelanja online dan merupakan hal
yang wajar asalkan tidak melebihi 3 hari.
Apa sih arti pengiriman paket gagal sudah melewati jam operasional Drop Point? Terdapat kendala kenapa kamu memperoleh informasi tersebut. Berikut ulasannya!
Arti Pengiriman Paket Gagal Sudah Melewati Jam
Operasional
Paket yang gagal dan sudah
melewati jam operasional Drop Point berarti paket tidak sampai di terima oleh
Drop Point dengan batas waktu yang telah ditentukan.
Kalau kamu penasaran kenapa kamu
mendapatkan notifikasi tersebut, beberapa penyebab di bawah ini bisa menjawab
rasa penasaran kamu.
Informasi Pengiriman Tidak Lengkap
Tidak lengkapnya informasi pengiriman dalam penulisan alamat yang kurang atau nomor telepon yang tidak tercantum pada paket yang akan dikirimkan, hal tersebut menjadi penyebab kegagalan pengiriman paket ke Drop Point
Volume Berlebih
Terdapatnya batasan berat pengiriman pada setiap jenis layanan. Apabila melebihi batas volume yang telah ditentukan, hal ini dapat menjadi kendala di ekspedisi sehingga dapat memperlambat proses pengiriman ke Drop Point.
Faktor Alam
Faktor alam adalah penyebab yang
paling sering terjadi terutama jika sudah memasuki musim penghujan. Banjir,
tanah longsor, angin kencang, adalah faktor alam yang umum terjadi dan bisa
menghambat kurir untuk melakukan pengiriman ke Drop Point.
Jalur Pengiriman Bermasalah
Masalah pada jalur pengiriman darat juga dapat terjadi. Misalnya saja terjadi
kemacetan, demonstrasi di jalur yang biasa dilewati, atau kondisi lainnya yang
dapat menghambat pengiriman di jalur-jalur tertentu.
Kurir Kesulitan Menemukan Alamat
Karena belum menguasai wilayah pengiriman, bagi kurir yang baru pertama kali mengirim paket di wilayah tersebut, dapat menjadi penyebab lambatnya proses pengiriman. Apalagi jika didukung dengan alamat pengiriman yang kurang lengkap dan nomor telepon yang sulit untuk dihubungi.
Persyaratan Kurang
Jika persyaratan atau dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, paket dapat segera diambil oleh kurir.
Drop Point Tidak Terjangkau
Biasanya ini terjadi pada daerah-daerah terpencil di mana jumlah Drop Point sangat sedikit dan berjauhan. Sehingga kurir tidak sempat melakukan penyerahan paket ke Drop Point yang dituju karena terkendala oleh jarak.
Tidak Menepati Janji
Pembeli dan kurir bisa saja membuat janji untuk pengambilan paket di lokasi tertentu jika sudah memiliki kontaknya.
Penerima Mengambil Barang di Drop Point
Hal ini bisa saja terjadi jika kurir dan pembeli telah melakukan kesepakatan.
Menolak Tanda Terima
Pembelian barang tertentu yang dilakukan melalui Shopee biasanya mengharuskan pembeli untuk mengiyakan tanda terima.
Ekspedisi Overload
Di bulan-bulan tertentu seperti bulan kembar atau promo harbolnas, marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya sering kebanjiran orderan. Hal ini berimbas pada banyaknya barang yang masuk ke ekspedisi.
Paket Hilang
Kejadian paket hilang tidak hanya terjadi sekali atau dua kali. Biasanya saat ekspedisi overload, kejadian paket hilang persentasenya lebih tinggi karena tertumpuk dengan barang lainnya. Atau bisa saja paket yang dibawa jatuh di jalan tanpa sepengetahuan si kurir.
Packing Tidak Sesuai Prosedur
Tiap ekspedisi memiliki standard packingnya sendiri-sendiri. Bukan tanpa alasan, agar paket yang dikirimkan tidak rusak, pecah, atau tergores karena banyaknya barang lain yang ada di gudang ekspedisi.
Cara Mengatasi Pengiriman Paket Gagal Melewati Jam Operasional
Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi pengiriman paket gagal melewati jam operasional, diantaranya adalah sebagai berikut:
Hubungi Customer Service
Segera hubungi Customer Service ekspedisi yang bersangkutan. Jika
menggunakan J&T, hubungi CS J&T. Begitu pula dengan ekspedisi lain
seperti JNE, Shopee Xpress, Anteraja, dan seterusnya.
Cari Drop Point Terdekat
Solusi yang bisa ditempuh adalah kamu dapat
menemukan Drop Point terdekat guna pengecekan status paket. Jika paket sudah
di Drop Point dan belum sempat dikirim ke alamatmu, kamu dapat segera
mengambilnya dengan melampirkan bukti pemesanan dan juga resi pengiriman
barang.
Akan tetapi, jika belum sampai di Drop Point terdekat, tanyakan berapa lama estimasi paket akan tiba dan solusi lainnya yang memungkinkan.
Hubungi Kurir
Untuk nomor kurir kamu dapat memintanya ke Customer Service. Setelah mendapatkan nomornya, tanyakan kapan paketmu sampai atau jika perlu buatlah janji dengan kurir.
Ajukan Refund
Untuk melakukan refund, dapat
dilakukan langsung di marketplace tempat kamu membeli barang tersebut. Lalu
sampaikan keluhan kenapa kamu menginginkan refund.
Tidak selamanya berbelanja melalui online akan selalu mulus tanpa kendala. Maka dari itu, sebelum melakukan checkout pastikan terlebih dahulu apakah tokonya amanah, rating produknya bagus, dan penjual fast response. Karena ini akan sangat mempengaruhi keputusanmu apakah harus membelinya ataukah tidak.
0 Komentar