Besaran Biaya Kuliah di Instiper Yogyakarta

YulianaID - Institut Pertanian STIPER (INSTIPER) Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi swasta unggulan, yang sudah berdiri sejak tahun 1958. Kampus ini mempunyai program terbaiknya sebagai kampus pertama di Indonesia yang mempunyai kompetensi khusus pada bidang kelapa sawit. Selain itu, anggaran biaya perkuliahan di INSTIPER Yogyakarta dapat dikatakan meliki nilai harga yang dapat dijangkau bagi masyarakat.

Dalam perkembangannya, kampus ini bukan hanya dikenal sebagai Kampus Kelapa Sawit, INSTIPER Yogyakarta juga bahkan dikenal sebagai Institusi Terbaik di bidang pertanian, perhutanan, maupun perkebunan. 


Sejarah berdirinya INSTIPER Yogyakarta

Bagi kalian yang belum tahu, INSTIPER Yogyakarta adalah satu-satunya kampus terbaik di Indonesia yang berorientasi pada bidang perkebunan. Berdasakan data yang didapat dari situs resmi INSTIPER Yogyakarta, berdirinya kampus ini adalah pada tanggal 10 Desember 1958, yang berada pada pengawasan yayasan Pendidikan Kader Perkebunan Yogyakarta atau YPKPY.

Awalnya, kampus ini bernama Sekolah Tinggi Perkebunan (STIPER). Kampus ini dibangun demi memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang perkebunan yang pada zaman itu. Hal tersebut berkaitan dengan pengalihan perkebunan-perkebunan milik Pemerintah Kolonial Belanda yang dinasionalisasikan.

Melalui kemajuan teknologi , INSTIPER Yogyakarta telah melaksanaakn basis pendidikan link and match dengan akurasi University-Industry Partnership. Artinya, pendidikan di INSTI PER Yogyakarta dikembangkan berdasarkan kebutuhan industri perkebunan, pertanian, dan perhutanan. Sehingga, jika kalian lulus nanti, maka kalian akan menjadi unggul di bidangnya masing-masing, dan bisa terserap di dunia kerja ataupun wirausaha nasi goreng enak di jogja

Kurun waktu 10 tahun terakhir, kampus INSTIPER Yogyakarta sudah berkembang dengan pesat. Hebatnya, kampus ini bahkan sudah mendapatkan kepercayaan tinggi dari stakeholder-stakeholder di bidang perkebunan dan kehutanan. Dengan demikian  kampus INSTIPER Yogyakarta menjadi  kampus pendidikan tinggi yang cukup dominan menggunakan pola pendidikan University-Industry Partnership. 


Visi Misi, dan Tujuan Didirikannya INSTIPER Yogyakarta

Kampus ini tentunya didirikan dengan berbagai maksud dan tujuan. Dengan membawa visi "Menjadi Pusat Keunggulan Pendidikan Industri Perkebunan dan Perhutanan", kampus ini siap bersaing dengan kampus-kampus lain di Nusantara, untuk mencetak generasi bangsa, terutama dalam bidang perkebunan.

Masih mengutip dari laman resmi INSTIPER, perguruan tinggi ini hanya mempunyai dua misi. Yang pertama, adalah menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dan kedua, adalah menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang bersih, baik, serta akuntabel dalam pelaksanaan otonomi INSTIPER.

INSTIPER Yogyakarta didirikan dengan berbagai tujuan. Pertama, adalah membentuk kader-kader dan cendekiawan perhutanan dan perkebunan, yang mempunyai jiwa pengabdian, serta mempunyai rasa tanggung jawab terhadap masa depan Bangsa dan Negara. Kedua, adalah dengan terwujudnya tata kelola perguruan tinggi yang bersih, baik, serta akuntabel dalam pelaksanaan otonomi INSTIPER.

Ketiga, terselenggaranya kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dan keempat, menjadi pusat pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) perkebunan dan perhutanan.


Program Pendidikan di INSTIPER Yogyakarta

Apabila anda tertarik untuk bergabung dengan kampus INSTIPER Yogyakarta, anda dapat memilih  fakultas yang menjadi impian dan memiliki banyak peminatnya. Kampus ini mempunyai Program Sarjana yang terdiri atas 3 Fakultas dan Program Pascasarjana Magister Manajemen Perkebunan yang bisa kalian pilih. Berikut diantaranya.

1. Fakultas Pertanian

Fakultas pertanian adalah fakultas pertama yang terdapat di INSTIPER Yogyakarta. Fakultas ini didirikan dengan berkomitmen dalam menyiapkan sumber daya manusia di bidang pertanian, dan mengedepankan keberlanjutan serta penguasaan teknologi informasi. Sehingga, kalian nantinya akan mampu mengembangkan diri dan mempunyai daya saing global dengan kompetensi perkebunan.


2. Fakultas Teknologi Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian memiliki kompetensi khusus dalam teknik dan teknologi pengolahan di dunia industri perkebunan dan pangan. Fakultas ini mampu menerapkan berbagai teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things, otomatisasi, Big Data, Robotik, dan lain-lain, dalam mengembangkan bidang industri Perkebunan dan Pangan.

Melalui berkembangnya teknologi dewasa ini, Fakultas Teknologi Pertanian INSTIPER Yogyakarta berencana untuk  menyiapkan lulusan berdasarkan pada kompetensi skill, knowledge, learning experiences, serta attitude yang seimbang dengan kebutuhan stakeholder di bidang industri perkebunan dan pangan, yang selaras dengan era industri 4.0. Fakultas ini cocok buat kalian yang senang dalam bidang teknologi, dan pertanian.


3. Fakultas Kehutanan

Di Fakultas Kehutanan INSTIPER Yogyakarta ini, kalian akan menemukan banyak sekali hal menarik yang berhubungan dengan alam, lingkungan, tanaman, dan sosial. Contohnya seperti ekosistem hutan, rekayasa genetika hutan, ilmu tanah, teknologi dan rekayasa kayu, sistem penginderaan jauh, pemuliaan pohon, manajemen-ekonomi dan akuntansi sumber daya kehutanan, keteknikan dan mesin-mesin kehutanan.

Fakultas kehutanan INSTIPER Yogyakarta ini sangat cocok sekali buat kalian yang suka tantangan. Selain itu, juga suka alam, berpetualang, bersosialisasi dengan masyarakat, serta rekayasa teknologi. Hal ini dikarenakan fakultas kehutanan mengajak kalian untuk menjelajahi berbagai jenis hutan yang ada di Indonesia, serta upaya pendayagunaannya untuk kesejahteraan masyarakat.


4. Magister Manajemen Perkebunan

Kampus ini menjadi satu-satunya kampus yang mempunyai program Pascasarjana di bidang perkebunan. Program ini mempunyai kompetensi khusus, yaitu menekankan pada kemampuan manajerial pada sistem manajemen perkebunan, manajemen bisnis, manajemen kepemimpinan, manajemen budidaya perkebunan dan pemanfaatan teknologi di bidang perkebunan.

Selain itu, ada juga kompetensi tambahan dengan penguasaan di bidang Information and Communication Technology (ICT) dan Kewirausahaan (Enterpreneurship) melalui Komunitas Hobi INSTIPER, yaitu Smart Greenhouse, Drone Academy, IT Academy, Robotic Academy, Coffee Academy, Technopreneurship Academy, Bakery Academy, English Academy, dan Artificial Intelligent Academy.


Besaran Biaya Kuliah di INSTIPER Yogyakarta

Apabila dilihat dari berbagai fakultas dan program studi yang tersedia, tentunya kalian mengira apabila besaran anggran biaya kuliah di INSTIPER Yogyakarta masuk dalam kategori cukup mahal. Tapi ternyata, biayanya cukup terjangkau oleh lapisan masyarakat.

Besaran biaya kuliah di kampus ini terbagi menjadi jalur reguler, alumni, dan rapor. Selain itu, ada juga yang bisa melalui jalur prestasi. Berikut uraiannya.


Jalur Reguler, Alumni, dan Rapor

1. Fakultas Pertanian

Registrasi : Rp. 200.000

SPP Include 24 SKS : Rp. 6.000.000

OKKABUN : Rp. 1.000.000

Sumbangan Tridarma : Rp. 3.500.000


2. Fakultas Teknologi Pertanian

Registrasi : Rp. 200.000

SPP Include 24 SKS : Rp. 5.000.000

OKKABUN : Rp. 1.000.000

Sumbangan Tridarma : Rp. 3.375.000


3. Fakultas Kehutanan

Registrasi : Rp. 200.000

SPP Include 24 SKS : Rp. 6.000.000

OKKABUN : Rp. 1.000.000

Sumbangan Tridarma : Rp. 3.500.000


Jalur Prestasi

1. Fakultas Pertanian

Registrasi : Rp. 200.000

SPP Include 24 SKS : Rp. 6.000.000

OKKABUN : Rp. 1.000.000

Sumbangan Tridarma : Rp. 3.250.000


2. Fakultas Teknologi Pertanian

Registrasi : Rp. 200.000

SPP Include 24 SKS : Rp. 5.000.000

OKKABUN : Rp. 1.000.000

Sumbangan Tridarma : Rp. 3.125.000


3. Fakultas Kehutanan

Registrasi : Rp. 200.000

SPP Include 24 SKS : Rp. 5.000.000

OKKABUN : Rp. 1.000.000

Sumbangan Tridarma : Rp. 3.125.000

Itulah besaran biaya kuliah di INSTIPER Yogyakarta. Jika kalian menginginkan atau berminat untuk kuliah di INSTIPER Yogyakarta, info diatas dapat menjadi referensi dalam memilih kampus mana yang akan dijajaki guna menuntut ilmu dengan anggaran biaya yang ringan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar